Advertisement

Gulung Sindikat Scamming Internasional yang Melibatkan WNI, Ini yang Dilakukan Polri

Lukman Nur Hakim
Selasa, 09 Mei 2023 - 13:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Gulung Sindikat Scamming Internasional yang Melibatkan WNI, Ini yang Dilakukan Polri Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Sandi Nugroho, Jumat (31/3/2023). (ANTARA - Laily Rahmawaty)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Terkait dengan kasus sindikat scamming internasional yang melibatkan WNI, Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri mengirim tim ke Filipina.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nughrogo mengatakan bahwa tim akan berangkat pada hari ini, Selasa (9/5/2023). Tim yang diberangkatkan terdiri dari Bareskrim, Baintelkam dan Divhubinter Polri. Nantinya, tim yang diberangkatkan akan dijemput dan didampingi oleh Atpol Manila.

Advertisement

BACA JUGA: Awas! Ada Modus Penipuan Online Baru yang Diungkap OJK, Cek di Sini

Pemberangkatan ini dilakukan karena ada warga negara Indonesia(WNI) yang tersangkut kasus ini. "Tim pemeriksa dan repatriasi WNI bermasalah di Pampangga, Filipina akan diberangkatkan pada Selasa 9 Mei 2023," kata Sandi dalam keterangan tertulisnya dikutip, Selasa (9/5/2023).

Sandi melanjutkan bahwa pihaknya melakukan koordinasi dengan Philipine National Police (PNP) terkait rencana melakukan pemeriksaan dan membawa tersangka WNI.

"Kemudian melakukan kunjungan ke Pampangga, lokasi safe house para WNI yang diamankan oleh Unit Cyber PNP untuk melakukan wawancara dan pemeriksaan," ucapnya.

BACA JUGA: Bank di Inggris Ini Ingatkan adanya Penipuan Lewat Medsos

Sandi mengungkap bahwa dalam kasus ini sudah ada dua WNI yang terbukti menjadi bagian dari sindikat scamming internasional ini.

Keduanya diketahui sebagai pemimpin dan rekrutmen jaringan trafficking in person. Lebih lanjut, Polri nantinya akan melakukan pendalaman atas dugaan keterlibatan WNI lainnya. "Selanjutnya membawa atau repatriasi WNI yang terlibat jaringan scamming ke Indonesia," ujar Sandi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement