Advertisement

Pilpres 2024, PKS: Pendamping Anies Sangat Mungkin dari Luar Koalisi

Surya Dua Artha Simanjuntak
Sabtu, 06 Mei 2023 - 23:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pilpres 2024, PKS: Pendamping Anies Sangat Mungkin dari Luar Koalisi Bakal Calon Presiden dari Partai Nasdem, Anies Baswedan (tengah) menyampaikan pidato kebangsaan di Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (21/1/2023). Kunjungan Anies Baswedan tersebut dalam rangka safari politik sekaligus silaturahmi dengan para relawan dan kader Partai Nasdem di daerah tersebut. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah - YU

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menegaskan sosok calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan untuk Pilpres 2024 sangat mungkin dari luar koalisi.

PKS bersama Partai NasDem dan Partai Demokrat sudah mengusung Anies menjadi bakal calon presiden (capres) untuk Pilpres 2024. Ketiganya sudah membentuk Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Advertisement

Meski begitu, kini mereka belum menentukan siapa cawapres yang akan mendampingi Anies. Presiden PKS Ahmad Syaikhu pun mengungkapkan sosok cawapres untuk Anies tak meski berasal dari partai yang tergabung dalam KPP. Sosok luar koalisi, lanjutnya, sangat mungkin menjadi cawapres Anies.

"Ya, sangat mungkin [cawapres Anies dari luar koalisi]," ujar Syaikhu di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Sabtu (6/5/2023).

Baca juga: Alasan Jokowi Tak Mau Gunakan Jalur yang Disiapkan di Lampung

Dia menjelaskan, tujuan KPP ingin agar Anies menang pada Pilpres 2024. Oleh sebab itu, jika tokoh eksternal yang punya elektabilitas tinggi bersedia menjadi cawapres Anies maka akan sangat dipertimbangkan.

"Kami ingin Pak Anies ini bukan hanya sekedar satu berhenti mengusung yah, kami ingin menang. Untuk menang itu tadi faktornya bisa jadi yang punya elektoral mungkin bukan orang partai, sangat-sangat terbuka," jelasnya.

Syaikhu mengakui kandidat cawapres Anies sudah mengerucut kelima nama. Dia tak memungkiri jika ada tokoh eksternal yang masuk dalam lima kandidat cawapres Anies itu.

Nantinya, setiap pimpinan Partai NasDem, Partai Demokrat, dan juga PKS akan kembali menyaring siapa cawapres yang paling cocok untuk Anies di Pilpres 2024. Meski begitu, nantinya keputusan final dalam pemilihan cawapres ada di tangan Anies sendiri. "Saya sebagai presiden partai akan menyaring siapa cawapres yang akan bersanding dengan Pak Anies. Kami musyawarahkan di Majelis Syura dan kami akan sodorkan kepada Pak Anies untuk menjadi pendamping dengan berbagai rasionalitas," ungkap Syaikhu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Begini Cara Cek Lokasi Google Map Junction Sleman yang Menghubungkan Tol Jogja Solo, Jogja Bawen dan Jogja YIA

Jogja
| Kamis, 01 Juni 2023, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Long Weekend, Asita Perkirakan Wisatawan Lebih Ramai dari Lebaran

Wisata
| Rabu, 31 Mei 2023, 18:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement