Advertisement

Pembangunan IKN Tetap Dilanjutkan di Tahun Politik, Ini Progresnya

Akbar Evandio
Jum'at, 28 April 2023 - 14:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Pembangunan IKN Tetap Dilanjutkan di Tahun Politik, Ini Progresnya Presiden Jokowi saat memperlihatkan lokasi dibangunnya di pusat latihan atau training center di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Jumat (24/2/2023). - PSSI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Pemerintah memastikan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) tetap berlanjut tahun ini. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan perkembangan terbaru pembangunan IKN.

Menurutnya, saat ini dari 8.000 pekerja yang ada sebanyak 80 persen telah masuk dan siap untuk memulai pembangunan Ibu Kota yang berada di kecamatan Samboja dan kecamatan Sepaku, kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur itu.

Advertisement

"Jalan terus ini sudah ada sekitar, kan total di sana yang berkerja 8000 orang. Sekarang sudah ada 80 persenan sudah masuk ke sana lagi. Jadi sudah mulai kerja lagi. Kan [kemarin] ini ada lebaran. Nah ini mulai lagi,” tuturnya kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (28/4/2023).

Lebih lanjut, Basuki memastikan bahwa pengerjaan proyek akbar tersebut akan tetap bergulir, meskipun saat ini Indonesia tengah dihadapkan dengan tahun politik. “Lanjut, bagi saya tak ada urusan tahun politik dengan IKN,” ujarnya.

Dia menyebutkan, meskipun ada alah satu kecemasan saat tahun politik ada perubahan kepemimpinan dan kebijakan, tetapi dirinya memastikan untuk tetap melaksanakan proyek yang sudah disepakati tersebut. "Lagipula dari dulu begitu kan, tetapi tetep kita yakinkan saja [tetap berjalan],” imbuhnya.

Selain itu, dia juga memastikan terkait investasi di IKN beberapa pihak telah memberikan Letter of Intent (LOI) sebagai bentuk pernyataan komitmen terkait suntikan dana tersebut. “Memang sudah ada beberapa yang katanya masuk Letter of Interest (LoI), lewat saya sudah ada beberapa LoI. Dan saya berikan ke otorita. Masalahnya hanya pembelian tanahnya ini yang belum disiapkan oleh otorita," katanya.

Oleh sebab itu, Basuki mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga akan kembali hadir ke IKN, salah satunya untuk mengajak investor dan menunjukkan Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) yang telah dibuat oleh Pemerintah.

"Presiden kan mau ke sana kan, sudah kita bikinkan RDTR-nya, ini lho bangun apa di sini, di sini. Jadi, kemarin saya dipanggil itu dalam waktu dekat gitu [presiden ke IKN]. Bapak akan ajak investor, dengan peta itu. Kayak kemarin di peta untuk training centernya PSSI sudah harus disiapin. Karena uangnya FIFA sudah mau keluar. Untuk training center 8 lapangan itu," ujar Basuki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Produktivitas Lahan Pertanian di Bantul Terancaman Bencana Kekeringan

Bantul
| Selasa, 18 Juni 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement