Advertisement

Harga Minyak Kembali Anjlok, Tertekan Resesi Global?

Newswire
Rabu, 26 April 2023 - 10:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Harga Minyak Kembali Anjlok, Tertekan Resesi Global? Anjungan minyak - Bloomberg

Advertisement

Harianjogja, JAKARTA—Harga minyak dunia anjlok lebih dari dua persen pada penutupan perdagangan Selasa (25/4/2023). Hal ini diduga karena kekhawatiran atas resesi dan dolar yang lebih kuat melebihi harapan permintaan minyak China yang lebih tinggi dan stok minyak mentah AS yang lebih rendah.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juni anjlok 1,69 dolar AS atau 2,15 persen menjadi menetap di 77,07 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Advertisement

Minyak mentah berjangja Brent untuk pengiriman Juni merosot 1,96 dolar AS atau 2,37 persen menjadi ditutup pada 80,77 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.

Kekhawatiran atas sektor perbankan dan kenaikan suku bunga membebani pasar saham dan harga energi pada Selasa (25/4/2023) dengan dolar AS mencatatkan kenaikan yang kuat.

Harga minyak merosot karena dolar menguat dan sinyal permintaan minyak mentah sebagian besar tetap bearish karena pemasok jasa-jasa minyak Halliburton mengisyaratkan bahwa pelanggan jelas termotivasi untuk memproduksi lebih banyak minyak dan gas, kata Edward Moya, analis pasar senior di OANDA, pemasok jasa-jasa perdagangan multi-aset daring.

Dolar naik di tengah kekhawatiran yang mendalam tentang pendapatan perusahaan dan ekonomi global. Dolar yang lebih kuat menekan permintaan minyak karena

membuat komoditas lebih mahal bagi pembeli yang memegang mata uang lain.

Indeks kepercayaan konsumen AS merosot ke 101,3 pada April dari 104 pada Maret, menurut data yang dikeluarkan oleh The Conference Board pada Selasa (25/4/2023) pagi.

"Sementara penilaian konsumen yang relatif menguntungkan terhadap lingkungan bisnis saat ini agak membaik pada April, ekspektasi mereka turun dan tetap di bawah level yang sering menandakan resesi yang membayangi dalam jangka pendek," kata Ataman Ozyildirim, direktur ekonomi senior di The Conference Board sebagaimana dikutip Antara.

Minyak WTI mundur ke level 77 dolar per barel karena permintaan untuk aset-aset berisiko menurun di tengah kekhawatiran resesi, kata Vladimir Zernov, analis pemasok informasi pasar FX Empire.

Para pedagang sedang menunggu data stok AS dari American Petroleum Institute (API) pada Selasa (25/4/2023). Para analis memperkirakan persediaan minyak mentah turun sekitar 1,7 juta barel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pansus DPRD DIY Mulai Bahas Perubahan Aturan Soal Pengisian Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement