Advertisement

Liburan di Pantai DIY, BMKG Imbau Wisatawan Jangan Berenang Dulu

Newswire
Minggu, 23 April 2023 - 12:07 WIB
Sugeng Pranyoto
Liburan di Pantai DIY, BMKG Imbau Wisatawan Jangan Berenang Dulu Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, CILACAP—Wisatawan yang hendak berlibur di pantai di wilayah DIY diminta untuk berhati-hati.

Pasalnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan gelombang tinggi berpotensi terjadi di perairan selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) maupun Samudra Hindia selatan Jabar-DIY.

Advertisement

"Oleh karena itu, bagi masyarakat yang memanfaatkan momentum libur Lebaran dengan berwisata di pantai selatan Jabar-DIY diimbau untuk waspada terhadap potensi terjadinya gelombang tinggi," kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo, di Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (23/4/2023).

Teguh menambahkan salah satu bentuk kewaspadaan terhadap gelombang tinggi yang dapat dilakukan masyarakat saat berwisata di pantai, dengan tidak berenang atau bermain air terutama di wilayah pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas.

Menurut Teguh, kewaspadaan tersebut perlu dilakukan karena gelombang tinggi dapat terjadi sewaktu-waktu sehingga masyarakat yang berwisata di pantai tidak boleh lengah.

"Berdasarkan pemodelan, tinggi gelombang di perairan selatan Jabar-DIY maupun Samudra Hindia selatan Jabar-DIY pada hari Minggu hingga Senin (24/4) berpotensi mencapai 2,5-4 meter yang masuk kategori gelombang tinggi," katanya.

Dalam hal ini, kata Teguh, wilayah yang berpotensi terjadi gelombang tinggi meliputi perairan selatan Sukabumi-Cianjur, perairan selatan Garut-Pangandaran, perairan selatan Cilacap, perairan selatan Kebumen-Purworejo, dan perairan selatan DIY serta Samudra Hindia selatan Jabar, Samudra Hindia selatan Jateng, dan Samudra Hindia selatan DIY.

Ia mengatakan potensi terjadinya gelombang tinggi tersebut dipicu oleh pola angin di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur hingga tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

Saat ini, lanjut dia, wilayah perairan selatan Jabar-DIY maupun Samudra Hindia selatan Jabar-DIY telah memasuki musim angin timuran.

Teguh menyatakan terkait dengan kondisi cuaca di wilayah Jateng bagian selatan maupun pegunungan tengah Jateng pada hari Minggu, Teguh mengatakan, secara umum diprakirakan cerah berawan hingga berawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement