Advertisement

Ini Lokasi Rawan Macet di Boyolali: Ada Cepogo Cheese Park dan Tol Fungsional

Nimatul Faizah
Senin, 17 April 2023 - 16:47 WIB
Jumali
Ini Lokasi Rawan Macet di Boyolali: Ada Cepogo Cheese Park dan Tol Fungsional Pengemudi melintasi Tol Jogja Solo yang dibuka fungsional di Sawit, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/4/2023). - Antara/Aloysius Jarot Nugroho

Advertisement

Harianjogja.com, BOYOLALIPolres Boyolali menyebut akan ada beberapa lokasi rawan macet di Kota Susu selama arus mudik sampai balik Lebaran 2023. Lokasi itu seperti jalur menuju Cepogo Cheese Park (CCP) hingga jalur keluar masuk Tol Fungsional Solo-Jogja di Exit Tol Colomadu dan Sawit.

BACA JUGA: Boyolali Itu Jalur Tengkorak

Advertisement

Sementara titik macet di jalur arteri, menurut KBO Satlantas Polres Boyolali, Iptu Widarto, berada di sepanjang Jl Pandanaran. “Di situ tempat kuliner, pusat keramaian, pusat perbelanjaan. Kedua kemungkinan akan terjadi antrean dan kepadatan arus kendaraan pada saat mudik di Exit Tol Mojosongo,” ujarnya kepada wartawan di Mapolres Boyolali, Senin (17/4/2023).

Selanjutnya, ia mengatakan kemungkinan akan ada perlambatan laju kendaraan saat masuk maupun keluar dari Tol Fungsional Solo – Jogja, tepatnya di depan SDN Kateguhan, Sawit. Ia menyebut lokasi jalur keluar tol fungsional di Boyolali itu sempit sehingga rawan macet.

“Upaya dari kami, nanti akan kami berlakukan saat arus mudik itu satu arah, one way. Kemudian sebaliknya pada saat arus balik, nanti juga kami berlakukan satu arah dari Klaten ke Jogja, yang mau ke [tol] fungsional langsung ke barat,” kata dia.

Selain itu, jalan Karanggede juga diwaspadai menjadi jalur rawan macet sehingga sudah ditempatkan satu pos pengamanan (pospam) dan personel untuk mengurai kemacetan. Widarto menyebut area dekat Pospam Karanggede tak memiliki traffic light.

Akibatnya, kepadatan arus lalu lintas dimungkinkan akan bertumpuk di lokasi itu dan menjadi rawan macet karena merupakan jalur penghubung antara Kabupaten Semarang, Boyolali, dan Sragen.

“Untuk jalur wisata, di CCP atau Cepogo Cheese Park karena di situ jalurnya sempit, tanjakan, tikungan. Kemungkinan akan terjadi perlambatan karena tidak ada jalur alternatif di situ, hanya satu itu, jalur SSB [Solo-Selo-Borobudur],” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, 530 personel gabungan akan dikerahkan untuk pengamanan Lebaran dalam Operasi Ketupat Candi 2023 di Boyolali. Operasi Ketupat Candi 2023 dimulai pada Selasa (18/4/2023) hingga Senin (1/5/2023).

Personel gabungan itu dari kepolisian, TNI, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Dinas Perhubungan, ada Mitra Kamtibmas kami, Senkom. Kemudian ada dari PMI, Pramuka, dan lain sebagainya.

Para petugas itu akan disebar di 10 pos yang terdiri dari delapan pos terpadu dan pos pengamanan serta dua pos pantau. Delapan pos terpadu dan pos pengamanan yaitu Pos Terpadu Simpang Siaga di Dinas Arsip dan Perpustakaan, Pos Pelayanan di Rest Area KM 487 A, Rest Area KM 487 B.

Kemudian, Pos Pengamanan (Pospam) Karanggede, Pospam Ampel, Pospam Gerbang Tol Boyolali, Pospam Gerbang Tol Bandara Adi Soemarmo, dan Pospam Bangak. Sedangkan dua pos pantau masing-masing di Grawah dan daerah Exit Tol Fungsional Solo-Jogja di Sawit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Rute, Tarif dan Jalur Bus Trans Jogja, Yuk Cek di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement