Advertisement

Ingin Mudik? Lakukan Hal Ini Agar Rumah Anda Aman

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 12 April 2023 - 14:07 WIB
Jumali
Ingin Mudik? Lakukan Hal Ini Agar Rumah Anda Aman Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Jelang lebaran, tentunya banyak dari Anda yang sudah mempersiapkan diri untuk mudik ke kampung halaman.

BACA JUGA: Agar Perjalanan Mudik Menyenangkan, Lakukan Hal Ini

Advertisement

Mudik memang telah menjadi tradisi yang kerap dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama bagi para perantau yang bekerja di luar kota dan jauh dari keluarga.

Ketika mudik, tentu saja rumah Anda di tempat rantauan kosong, sehingga harus mempersiapkan bagaimana keamanannya sebelum ditinggal dalam waktu yang cukup lama.

Untuk menjaga keamanan dari rumah saat kosong, berikut 8 tips yang diberikan Pegipegi

1. Kunci Semua Pintu dan Jendela Rumah

Mengunci pintu dan jendela adalah hal yang paling penting dilakukan saat akan meninggalkan rumah. Pintu dan jendela biasanya menjadi jalan utama yang paling memungkinkan masuknya pencuri. Jadi, jangan sampai lupa mengunci semua pintu dan jendela rumah. Selain itu, jangan meninggalkan kunci di bawah pot, keset, atau tempat lainnya karena kunci yang ditinggalkan di tempat-tempat seperti itu sangat mudah ditemukan oleh pencuri.
2. Cabut Semua Colokan Listrik atau Gas

Korsleting listrik sering kali menjadi penyebab terjadinya kebakaran di rumah. Sebelum pergi mudik, periksa dan matikan semua perangkat elektronik yang ada di rumah. Setelah itu, cabut semua colokan yang masih terpasang di stopkontak serta cabut selang gas yang masih terpasang untuk menghindari kebakaran.

3. Simpan Semua Barang Berharga di Tempat yang Aman dan Terkunci

Anda akan pergi meninggalkan rumah dalam waktu yang lama. Maka, sebaiknya simpan semua barang-barang berharga, seperti perhiasan, surat-surat yang penting atau uang di tempat yang memiliki kunci, seperti laci kecil dalam lemari atau safety box. Lalu bawa kunci tersebut agar tidak ada yang bisa membukanya.

4. Tutup Semua Lubang Pembuangan

Menjaga kebersihan rumah juga merupakan hal penting saat pergi mudik. Hal ini untuk menghindari masuknya hewan-hewan seperti kecoa, tikus, semut dan lain sebagainya. Anda perlu membersihkan seluruh ruangan di rumah dan menutup lubang-lubang pembuangan sebelum pergi. Jangan lupa buang semua sampah yang ada di rumah supaya tidak timbul bau busuk

5. Jangan Tunjukkan Kalau Rumah Sedang Kosong

Rumah yang terlihat kosong dapat menarik perhatian para pencuri. Oleh karena itu, penting untuk mengecoh orang-orang jahat yang biasanya mengincar rumah-rumah kosong dengan beberapa hal mudah yang bisa dilakukan. Contohnya, pasanglah lampu yang bisa diatur kapan harus menyala dan mati sehingga bisa menyala otomatis saat malam dan mati otomatis saat pagi tiba. Selain itu, Anda juga bisa menaruh sandal atau sepatu di depan rumah agar terlihat seperti ada orang di dalam.

6. Laporkan Pada RT dan Satpam Setempat

Beri tahu satpam di komplek bahwa Anda akan meninggalkan rumah dalam beberapa waktu. Dengan begitu, satpam tersebut bisa membantu agar lebih mengawasi rumah setiap harinya selama Anda mudik. Laporkan juga pada Ketua RT setempat bahwa rumah Anda kosong. Jadi, jika ada sesuatu hal buruk yang terjadi, bisa segera ditindaklanjuti.

7. Pasang Alarm Keamanan

Sebelum pergi, pastikan memeriksa dan mengunci semua akses masuk ke rumah. Tapi, alangkah lebih baik jika Anda memasang alarm di rumah untuk keamanan ekstra. Anda juga bisa memakai gembok ber-alarm untuk pagar rumah. Dengan begitu, alarm akan berbunyi nyaring saat rumah Anda dimasuki secara paksa sehingga tetangga dan petugas keamanan bisa langsung bertindak saat mendengar bunyi alarm tersebut.

8. Pasang Kamera CCTV Bila Perlu

Kamera pengawas atau CCTV menjadi alternatif yang paling baik jika Anda ingin merasa lebih tenang ketika meninggalkan rumah, apalagi untuk mudik dalam waktu yang cukup lama. Kamera CCTV ini memungkinkan Anda untuk bisa mengawasi keadaan dan kondisi rumah dari jarak jauh, di mana pun dan kapan pun. Pasang kamera CCTV pada area yang memungkinkan akses vital yang ada di rumah seperti area halaman depan, pintu masuk depan, pintu belakang, ruang tengah, hingga halaman belakang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Antrean Panjang Warga Buang Sampah di Depo Mandala Krida Kota Jogja

Jogja
| Selasa, 21 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement