Advertisement

Ini Dampak Bibit Siklon 98S bagi Indonesia Menurut BMKG

Abdul Hamied Razak
Minggu, 09 April 2023 - 19:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Ini Dampak Bibit Siklon 98S bagi Indonesia Menurut BMKG Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati memberikan keterangan pers di Kantor BMKG Yogyakarta, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (1/12/2021). - ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Bibit siklon 98S yang saat ini terpantau berada di Laut Timor sebelah barat daya Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, berpotensi tinggi tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam mendatang. 

Menurut siaran pers Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Minggu (9/4/2023), bibit siklon yang terpantau berada di koordinat 11,0° Lintang Selatan dan 128,4° Bujur Timur tersebut memiliki kecepatan angin maksimum 30 knot dan tekanan udara minimum 1.000 mb.

Advertisement

BACA JUGA : Badai Siklon Tropis 98S Berada di Laut Timur, Indonesia Beri Pesan Australia

Kehadiran bibit siklon 98S dalam 24 jam dapat berdampak tidak langsung terhadap kondisi cuaca di bagian wilayah Indonesia, menimbulkan potensi hujan sedang hingga sangat lebat di wilayah Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua serta angin kencang di wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua.

Bibit siklon itu juga mempengaruhi tinggi gelombang di wilayah perairan Indonesia, antara lain dapat menimbulkan gelombang setinggi 1,25 sampai 2,5 meter di Perairan Kepulauan Selayar, Perairan Kepulauan Baubau, Perairan Kepulauan Wakatobi, Laut Flores, dan Perairan Kupang-Pulau Rotte.

BACA JUGA : Waspada! Cuaca Ekstrem Diprediksi Terjadi saat Mudik Lebaran, 190 Stasiun BMKG Siaga

Gelombang setinggi 1,25 sampai 2,5 meter juga berpeluang menghampiri Perairan Pulau Sawu, Laut Sawu, Selat Ombai, Samudra Hindia selatan Nusa Tenggara Timur, perairan selatan Ambon, Laut Seram, Perairan Fakfak dan Kaimana, Perairan Kepulauan Kai - Kepulauan Aru, dan Laut Arafuru bagian tengah dan timur.

Selain itu, gelombang setinggi 2,5 sampai empat meter berpotensi menyambangi Laut Banda, Perairan Kepulauan Sermata-Kepulauan Letti-Kepulauan Babar-Kepulauan Tanimbar, serta Laut Arafuru bagian barat.

Daerah-daerah yang berpeluang mengalami hujan sedang hingga lebat serta daerah-daerah yang kemungkinan terdampak gelombang tinggi dapat melakukan langkah-langkah mitigasi untuk meminimalkan risiko bencana akibat hujan lebat maupun gelombang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Muncul Wacana Pilihan Lurah di Gunungkidul Tahun Depan Digelar Dua Kali

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement