Advertisement

Seorang Perempuan Hilang 25 Tahun Jadi Korban Perdagangan Manusia

Arlina Laras
Minggu, 09 April 2023 - 10:27 WIB
Sunartono
Seorang Perempuan Hilang 25 Tahun Jadi Korban Perdagangan Manusia Ilustrasi perdagangan manusia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kisah seorang wanita yang diculik dan diperdagangkan sejak 1998 membuat gempar di media social China. Awalnya, otoritas setempat mengklaim tidak ada perdagangan yang terjadi, akan tetapi tuntutan pidana akhirnya diajukan pada 2022, setelah pemerintah pusat membentuk tim investigasi khusus untuk menyelidiki kasus tersebut.

Pengadilan China menjatuhkan hukuman kepada enam orang atas peran mereka dalam perdagangan manusia dan pelecehan terhadap seorang wanita yang dikenal sebagai Little Huamei alias Bunga Kecil.

Advertisement

BACA JUGA : Kabar Penculikan Anak di Sleman Marak, Pengamat

Berdasarkan penelusuran pihak pengadilan, dari tahun 1999 hingga 2017, Litte Huamei sebenarnya mampu menjaga dirinya sendiri dan berkomunikasi dengan orang lain. Tapi setelah itu, Dong menahannya di ruangan tanpa sinar matahari, listrik atau air mengalir.

Mirisnya pada kurun waktu 1999 dan 2020, sang wanita itu melahirkan delapan anak Dong hingga akhirnya dia didiagnosis menderita skizofrenia.

Wanita tersebut diperkirakan telah diculik dan dijual beberapa kali sejak awal 1998.  Kasus tersebut menimbulkan kegemparan di media sosial China setelah video Little Huamei yang dirantai muncul secara online.

Pengadilan Menengah Rakyat Xuzhou di provinsi Jiangsu menghukum Dong Zhimin sembilan tahun karena penyiksaan dan pemenjaraan ilegal terhadap wanita tersebut dan lima orang lainnya dengan hukuman mulai dari delapan hingga 13 tahun karena penculikan, penjualan, dan pemenjaraannya.

BACA JUGA : Kisah Lengkap Bocah 9 Tahun di Jogja Dikabarkan Lolos

Menurut dokumen pengadilan yang dikutip oleh media pemerintah China, Huamei pertama kali dibawa dari kampung halamannya di provinsi Yunnan, di barat daya China pada awal 1998. Lalu pertengahan 1998, sebelum terlihat di provinsi Henan, China tengah, dirinya dijual ke pedagang manusia seharga setara dengan US$700 atau saat ini setara dengan Rp10,4 juta.

Kemudian, pada pertengahan 1998, dirinya kembali dijual oleh para penyelundup itu kepada seorang petani di Jiangsu, provinsi pesisir timur, seharga US$1.180 atau saat ini sekitar Rp17,6 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement