Advertisement

Deretan Menu Takjil Ini Bisa Jadi Pilihan Anda untuk Berbuka Puasa

Elsa Hayati Sukma
Minggu, 19 Maret 2023 - 15:27 WIB
Jumali
Deretan Menu Takjil Ini Bisa Jadi Pilihan Anda untuk Berbuka Puasa Takjil di Masjid Jogokariyan Mantrijeron Kota Jogja. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Bulan suci ramadan identik dengan takjil. Takjil menjadi salah satu makanan yang selalu menemani saat bulan puasa. Tak heran jika masyarakat banyak berbondong-bondong untuk membelinya.

BACA JUGA: Daftar Masjid yang Sediakan Takjil Gratis

Advertisement

Menjadi makanan yang banyak diburu saat puasa, makanan ini selalu ramai dan habis setiap harinya bahkan makanan ini menjadi menu wajib saat buka puasa. Hal tersebut membuat masyarakat tentu tidak mau kehabisan.

Menu takjil ini menjadi salah satu yang paling banyak dicari, simak daftarnya.

1. Gorengan

Gorengan menjadi salah satu makanan yang wajib ada saat berbuka puasa, tak heran jika gorengan selalu ramai pembeli dan habis. Terdiri dari tempe, bakwan, tahu isi, pisang goreng, singkong goreng dan risol ini dibandrol dengan harga yang murah senilai Rp1.000 rupiah untuk satu jenisnya.

2. Es Buah

Es buah menjadi menu takjil yang wajib untuk berbuka puasa, pasalnya menu ini menjadi salah satu yang menyegarkan setelah menahan haus sepanjang hari. Terdiri dari berbagai macam buah seperti melon, apel, anggur, buah naga, alpukat dan blewah serta tambahan jelly menjadi salah satu menu takjil yang wajib dibeli. Untuk harga es buah ini relatif murah hanya Rp15.000 sudah dapat merasakan minuman yang menyegarkan.

3. Lontong

Lontong merupakan nasi yang berisi ayam atau oncom dan digulung menggunakan daun pisang. Lontong merupakan makanan favorit selain rasanya yang enak, lontong ini dapat mengenyangkan. Cukup memakan dua lontong saja perut terasa kenyang. Tidak heran masyarakat banyak berburu lontong sebagai menu buka puasa karena lebih simpel dan mengenyangkan. Untuk harga lontong masih terjangkau yaitu Rp2.000 hingga Rp5.000 tergantung pada isi yang diinginkan.

4. Biji salak

Makanan ini menjadi identik saat puasa karena biasanya para pedagang hanya menjual ini saat puasa tiba. Makanan ini terbuat dari ubi yang dihaluskan kemudian dibentuk seperti bola dan disajikan dengan kuah santan dan gula. Biji salak ini dibanderol mulai dari Rp7.000 sudah mendapatkan biji salak yang enak.

5. Es pisang ijo

Minuman yang berasal dari makassar ini menjadi salah satu minuman favorit saat buka puasa. Terdiri dari pisang yang dibalut dengan kulit berwarna hijau dan dicampur dengan sirup serta santan kelapa membuat masyarakat ramai berburu minuman yang enak ini. Harga es pisang ijo senilai Rp8.000 untuk satu cup nya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Pemkab Sleman Sosialisasikan Program Kampung Hijau

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement