Advertisement

Ini Arah Potensi Guguran Lava Merapi Mengarah ke Selatan Barat Daya

Rahmad Fauzan
Senin, 13 Maret 2023 - 22:47 WIB
Budi Cahyana
Ini Arah Potensi Guguran Lava Merapi Mengarah ke Selatan Barat Daya Gunung Merapi mengeluarkan awan panas pada Sabtu (11/3/2023). - JIBI/Dok

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Gunung Merapi masih menunjukkan potensi bahaya setelah erupsi dan berkali-kali memuntahkan awan panas sejak Sabtu (11/3/2023). Potensi guguran lava mengarah ke selatan-barat daya.

Menurut laporan yang dikeluarkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) hingga Senin (13/3/2023), guguran lava dan awan panas berpotensi terjadi di sektor selatan-barat daya dan tenggara gunung.

Advertisement

“Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya,” tulis Kementerian ESDM dalam situs resminya.

Wilayah yang berpotensi menjadi area guguran lava dan awan panas meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal 5 km, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 km. Di sektor tenggara, meliputi Sungai Woro sejauh maksimal 3 km dan Sungai Gendol 5 km.

Sementara itu, lontaran material vulkanik apabila terjadi letusan eksplosif dilaporkan dapat menjangkau radius sejauh 3 km dari puncak.

Pemerintah mengimbau masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya.

Masyarakat juga diminta mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi serta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi.

“Apabila terjadi perubahan aktivitas yang signifikan, maka status aktivitas Gunung Merapi akan segera ditinjau kembali,” tulis pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Syawalan ke Ponpes dan Panti Asuhan, Pj. Bupati Kulonprogo Salurkan Bantuan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement