Advertisement

2-3 Maret Sejumlah Daerah di Indonesia Hujan Ringan hingga Lebat

Newswire
Kamis, 02 Maret 2023 - 09:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
2-3 Maret Sejumlah Daerah di Indonesia Hujan Ringan hingga Lebat Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Berdasarkan peringatan dini cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sejumlah wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan ringan hingga lebat pada 2-3 Maret 2023 mendatang. 

Dikutip dari situs BMKG di Jakarta, disebutkan di wilayah Sumatera secara umum huian ringan, namun Bangka-Belitung, Jambi berpotensi hujan sedang.

Advertisement

Sedangkan Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Aceh berpotensi hujan lebat.

Untuk di wilayah Jawa secara umum diprakirakan mengalami hujan ringan, namun Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah berpotensi hujan lebat. Di wilayah Bali berpotensi hujan sedang, sementara NTB dan NTT secara umum cerah berawan.

Di wilayah lainnya, yakni Kalimantan Utara berpotensi hujan sedang. Sedangkan Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat berpotensi hujan lebat.

Baca juga: Diperiksa Soal Pamer Harta, Eks Kepala Bea Cukai Jogja Ngaku Pakai Moge Pinjaman

Untuk wilayah Sulawesi secara umum cerah berawan. Namun Sulawesi Barat berpotensi hujan sedang. Sementara Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara berpotensi hujan lebat. Kemudian wilayah Maluku Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara berpotensi hujan lebat.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan hingga enam bulan ke depan, BMKG memprediksi bahwa curah hujan bulanan akan didominasi oleh kategori normal. Meskipun, secara volume curah hujan bulanan 2023 ini relatif menurun dibandingkan curah hujan bulanan selama tiga tahun terakhir (2020-2022).

Ia memaparkan, curah hujan bulanan kategori di atas normal berpeluang terjadi di Sumatera bagian utara, Kalimantan bagian timur dan utara pada Februari dan Maret 2023.

Sedangkan curah hujan kategori bawah normal berpeluang terjadi di sebagian Sumatera bagian tengah, sebagian Kalimantan bagian tengah, sebagian Sulawesi bagian tengah dan sebagian kecil Papua pada Februari-Maret 2023 dan sebagian besar Sumatera dan Jawa pada Mei dan Juni 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cek Jadwal Pelayanan SIM untuk Wilayah Sleman Cek di Sini

Sleman
| Kamis, 20 Juni 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Punya Pantai Terbaik untuk Berselancar, Ini Daftarnya

Wisata
| Senin, 17 Juni 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement