Advertisement

Pisang Goreng Indonesia Jadi Camilan Terenak di Dunia, Kalahkan Argentina & Jerman

Sunartono
Kamis, 16 Februari 2023 - 21:17 WIB
Sunartono
Pisang Goreng Indonesia Jadi Camilan Terenak di Dunia, Kalahkan Argentina & Jerman Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebuah situs ensiklopedia yang fokus dengan olahan makanan di dunia, Tasteatlas menobatkan salah satu makanan asal Indonesia yaitu pisang sebagai hidangan penutup terenak di dunia.

Pisang Goreng asal Indonesia bertengger di urutan pertama di atas makanan tradisional asal Jerman, Quarballchen dan Pastelitos Criollos asal Argentina. Pisang goreng berada di peringkat pertama dengan skor 6.40, Quarballchen skor 4.50 dan Pastelitos Criollos 4.50.

Advertisement

“Bukan pilihan yang paling sehat, tetapi sangat populer di hampir setiap masakan dan budaya. Makanan penutup goreng terbaik,” tulis di akun Instagram @tasteatlas sembari menautkan link 50 hidangan penutupn terbaik di dunia.

BACA JUGA : Pisang Comel, Jajanan Unik di Jogja Berupa Pisang Goreng

Situs tasteatlas.com juga memberikan penjelasan bahwa pisang goreng atau pisang raja merupakan jajanan sehari-hari yang umum disantap di seluruh Indonesia. Bentuknya dalam berbagai versi di mana buahnya hanya digoreng dengan minyak, tetapi potongan pisang yang lebih sering diiris dilapisi adonan sebelum digoreng sampai berwarna keemas an.

“Selain banyak jenis lainnya, pisang goreng juga muncul dengan nama yang berbeda seperti godoh biu di Bali atau gedhang gorèng di Jawa. Mereka secara tradisional dijual di warung pinggir jalan dan gerobak dan termasuk dalam kelompok hidangan gorengan, makanan ringan gorengan Indonesia,” tulis situs tersebut.

Adapun Quarkbällchen yang berbentuk bola merupakan camilan tradisional Jerman yang biasanya dibuat dengan menggabungkan quark, tepung, telur, gula, gula vanila, dan baking powder. Susu, mentega cair, kayu manis, kulit lemon, dan tepung jagung atau kentang juga terkadang ditambahkan ke dalam kombinasi.

Campuran quark dibentuk menjadi bola-bola kecil yang digoreng hingga berwarna cokelat keemasan di bagian luar dan lembut serta mengembang di bagian dalam. Setelah selesai, bola goreng biasanya dilapisi gula bubuk atau gula pasir atau campuran gula kayu manis.

BACA JUGA : Resep Pancake Pisang Teflon, Camilan Praktis untuk Keluarga

“Diperkirakan berasal dari Bavaria, suguhan manis ini umumnya dinikmati sebagai camilan sore bersama secangkir teh atau kopi,” tulis situs tasteatlas.com.

Sedangkan pastelios merupakan kue-kue Argentina yang renyah biasanya berbentuk bintang, sedangkan bagian tengahnya diisi dengan quince atau pengawet ubi jalar. Biasanya digoreng dan kemudian ditaburi dengan glasir gula. Pastelitos secara tradisional dinikmati pada 25 Mei, hari memperingati Revolusi Mei dan pembentukan pemerintah Argentina pertama yang merdeka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Apdesi Ingatkan Agar Lurah Tetap Netral dalam Pilkada 2024

Bantul
| Kamis, 25 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement