Advertisement

Papua Diguncang Gempa Magnitudo 5,4, Restoran Hanyut ke Laut & 4 Nyawa Melayang

Tri Indah Lestari (ST22), Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 10 Februari 2023 - 12:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Papua Diguncang Gempa Magnitudo 5,4, Restoran Hanyut ke Laut & 4 Nyawa Melayang Foto ilustrasi. - Antara Foto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Wilayah Papua dilanda gempa berkekuatan magnitudo 5,4 pada Kamis (9/2/2023) pukul 13.28 WIT. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat pusat gempa di permukaan bumi atau episentrum berada di darat sekitar 9 kilometer barat daya Jayapura dengan kedalaman 10 km di bawah permukaan bumi.

Pagi ini (10/2/2023) pukul 04.28 gempa susulan dengan kekuatan magnitudo 4 kembali mengguncang Papua. Kali ini berpusat di daratan tepatnya pada koordinat 2.52 Lintang Selatan (LS) dan 140.68 Bujur Timur (BT) atau 4 km barat laut dari kota Jayapura, dengan kedalaman 7 km.

Advertisement

Tercatat sekitar Kota Jayapura terjadi gempa sebanyak 1.079 kali dimana 132 kejadian di antaranya dirasakan oleh masyarakat. Berikut rangkuman dampak yang disebabkan gempa Papua pada Kamis dan Jumat ini.

Korban jiwa dan luka-luka

Empat orang meninggal dunia akibat Restoran Cerita yakni rumah makan yang berada di atas perairan di kawasan Kota Jayapura ambruk dan hanyut ke laut. Salah satu korban ialah karyawan perempuan Restoran Cerita yang terjebak dan tak bisa menyelamatkan diri.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Jayapura Asep Khalid menjelaskan korban ditemui di antara puing bangunan dan proses evakuasi dilakukan dengan bantuan tim menyelam. Selain korban jiwa ditemukan pula lima orang luka-luka dari data yang diterima BPBD.

Penetapan situasi tanggap darurat dan sekolah diliburkan

Sekretaris Daerah Kota Jayapura Robby Awi menyatakan Papua menetapkan situasi tanggap darurat bencana selama 21 hari terhitung dari 9 Februari 2023 hingga 1 Maret 2023.

"Sehingga setelah ini kami akan menindaklanjuti struktur dan pembangunan posko sehingga masyarakat bisa mengungsi untuk sementara," katanya.

Seluruh tingkatan sekolah pun diliburkan dan akan masuk kembali pada Senin (13/2/2023). Sementara itu, menurut Robby Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura juga akan melakukan pendataan di sekolah pada Jumat (10/2/2023) ini, untuk memastikan berapa banyak sekolah yang mengalami kerusakan.

Sejumlah infrastruktur dan fasilitas umum rusak

Dampak lainnya menyebabkan sejumlah infrastruktur terjadi kerusakan ringan hingga berat. Gempa menyebabkan Sebuah rumah makan di atas perairan kota Jayapura ambruk ke laut dan kerusakan cukup berat pada tiga pipa transmisi utama jalur Kojabu dengan diameter 400 milimeter milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) mengalami pergeseran.

Sehingga tekanan air yang mengalir lebih kecil di tiga titik yakni wilayah Abepura, Jayapura Utara, dan Jayapura Selatan selama tiga hari kedepan atau masa perbaikan.

Kerusakan ringan seperti retakan terjadi di beberapa fasilitas umum seperti rumah sakit, bangunan sekolah seperti SMP Paulus dan beberapa SMP lainnya, kantor pemerintahan, dan rumah warga, serta terjadi pula tanah longsor dan pohon tumbang.

Dalam akun Twitternya, BNPB @BNPB_Indonesia juga menyampaikan empat warga meninggal dunia korban gempa Papua ditemukan di puing bangunan cafetaria yang roboh oleh guncangan bencana tersebut.

BNPB juga menyertakan sebuah video kondisi pasca gempa di Jayapura tersebut. 

Menteri BUMN Erick Thohir juga turut menyampaikan dukacita mendalam atas tragedi itu. "Turut berdukacita atas musibah gempa yang melanda Kota Jayapura, Papua. Semoga mereka semua diberikan kekuatan, kesabaran, dan selalu dalam lindungan Tuhan. #PrayForJayapura," tulisnya dikutip Harianjogja.com. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lomba Dirikan Tenda Darurat Meriahkan HUT Ke-20 Tagana

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement