Advertisement

Tol Terpanjang Kedua di Indonesia Tersambung Tol Jogja Solo dan Jogja Cilacap, Ini Jalurnya

Muhammad Ridwan & Budi Cahyana
Kamis, 12 Januari 2023 - 18:07 WIB
Budi Cahyana
Tol Terpanjang Kedua di Indonesia Tersambung Tol Jogja Solo dan Jogja Cilacap, Ini Jalurnya Ilustrasi jalan tol. Tol terpanjang kedua di Indonesia akan tersambung dengan Tol Jogja Solo dan Tol Jogja Cilacap. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Tol terpanjang kedua di Indonesia dari Gedebage sampai Cilacap akan tersambung dengan Tol Jogja Cilacap dan Tol Jogja Solo. Proyek Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) sepanjang 206 kilometer ini melewati jalur Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Berdasarkan akun Instagram Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), yang dikutip Rabu (11/1/2023), jalan tol sepanjang 206,65 km itu melintasi dua provinsi, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Penetapan lokasi (penlok) Tol Getaci sudah terbit di wilayah Jawa Barat, dan dilanjutkan di Jawa Tengah. Selanjutnya, pengadaan tanah akan mulai dilakukan agar konstruksi dapat dimulai.

BACA JUGA: Langka, Rest Area Tol Jogja Bawen di Tempel Bisa Diakses dari Luar Tol

Jalan Tol Getaci menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden No. 109/2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. Berdasarkan keterangan di laman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Tol Getaci akan terkoneksi dengan Tol Jogja Cilacap.

Tol Jogja Cilacap sepanjang 121,75 kilometer dengan nilai investasi Rp38,47 triliun rencananya akan mulai dilelang pada kuartal ketiga 2023. Tol Jogja Cilacap akan dimulai dari Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) sampai Cilacap. Tol Jogja Cilacap juga akan tersambung dengan Tol Jogja Solo yang jalurnya dimulai dari Kartasura sampai dengan Bandara YIA di Kulonprogo. 

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan pembangunan Jalan Tol Getaci diharapkan sesuai jadwal agar selesai pada 2024 untuk pembangunan tahap pertama. Tol Getaci melintasi Jawa Barat sepanjang 171,40 kilometer dan Jawa Tengah sepanjang 35,25 kilometer dengan total panjang 206,65 kulometer.

BACA JUGA: Pembangunan Tol Jogja Solo dan Jogja Bawen Belum Datangkan Investor

Pembangunan tahap pertama yakni Seksi 1 JC Gedebage – SS Garut Utara dan Seksi 2 SS Garut Utara – SS Tasikmalaya ditargetkan selesai pada 2024. Sementara, tahap 2, yang meliputi Seksi 3 SS Tasikmalaya – SS Patimuan dan Seksi 4 SS Patimuan – SS Cilacap selesai pada 2029.

Masa pengusahaan jalan tol terpanjang kedua di Indonesia yang melewati Jawa Tengah dan Jawa Barat ini adalah 40 tahun terhitung sejak penerbitan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) dengan nilai investasi sebesar Rp56,2 triliun yang dilaksanakan oleh PT Jasamarga Gedebage Cilacap (JGC) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang dibentuk oleh konsorsium pemenang lelang.

Berdasarkan laman resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan tahap pertama pembangunan tol diestimasi akan selesai pada 2024 mulai dari Gedebage – Garut Utara – Tasikmalaya.

"Pembangunan Tol Getaci dimulai pada Maret 2022," ujarnya.

BACA JUGA: Cerita Warga yang Sedih meski Mendapat Ganti Rugi Tol Jogja Solo Miliaran Rupiah

Tol Getaci akan melewati Gedebage kemudian gerbang keluar tol beberapa tempat dan untuk sementara sampai Kota Tasikmalaya persisnya di Jalan Suaka. Jalur selanjutnua adalah dari Tasikmalaya ke Cilacap.

Uu berharap pembangunan proyek Tol Getaci bisa berjalan sesuai dengan rencana, tidak bernasib seperti Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) atau Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu).

“Pengertian dari masyarakat yang diharapkan termasuk sosialisasi yang lebih awal dan lebih jelas pada masyarakat masalah teknis tentang pembebasan tanah,” ujarnya.

Tol Jogja Solo, Tol Jogja Cilacap, dan Tol Getaci akan melengkapi jaringan jalan tol di selatan Pulau Jawa. Tol Getaci adalah tol terpanjang kedua di Indonesia setelah Tol Lampung Palembang yang panjangnya 371,5 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com,

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Masalah Sampah Tak Kunjung Usai, Masyarakat Perlu Memilah Sampah di Rumah

Jogja
| Rabu, 01 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Orang Jogja Wajib Tahu! Ini Arti 4 Prasasti yang Tertempel di Tugu Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Februari 2023, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement