Advertisement

Jalan Penghubung Putus Total Akibat Gempa Magnitudo 7,5 di Maluku

Szalma Fatimarahma
Rabu, 11 Januari 2023 - 09:57 WIB
Sunartono
Jalan Penghubung Putus Total Akibat Gempa Magnitudo 7,5 di Maluku Bangunan rusak akibat gempa tektonik kembali terjadi juga pada pukul 00.47.34 WIB di wilayah Pantai Utara Maluku Barat Daya, Maluku dengan magnitudo M7,5. - BNPB\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Barat Daya melaporkan jalur penghubung Oinlasi-Niki Niki di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) putus total.

Selain itu, 73 unit rumah di wilayah Maluku Barat Daya rusak akibat guncangan gempa berkekuatan M 7,5 yang terjadi pada Selasa (10/1/2023) sekitar pukul 02.47 WIT.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Dari total tersebut, 29 unit rumah mengalami kerusakan berat, sedangkan 44 lainnya hanya mengalami kerusakan ringan. Selain rumah warga, terdapat dua sekolah dan satu gereja yang juga mengalami kerusakan ringan.

BACA JUGA : Foto-Foto Kerusakan Akibat Gempa Tektonik M7,5 di Maluku Barat Daya

Tak hanya kerusakan bangunan, BPBD Maluku Barat Daya mencatat lima orang warga yang mengalami luka-luka akibat guncangan gempa tersebut.

Intensitas gempa yang cukup besar juga mengakibatkan jalur penghubung Oinlasi-Niki Niki di wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) NTT putus.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melaporkan bencana gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Maluku Barat Daya pada Senin (10/1/2023) dini hari.

Gempa berkekuatan M7,5 ini bahkan menjadi jenis gempa yang berpotensi untuk memicu tsunami. Oleh karena itu, usai gempa terjadi, BMKG secara resmi mengeluarkan peringatan dini potensi tsunami untuk wilayah Maluku dan Sulawesi Tenggara.

BACA JUGA : Gempa Magnitudo 7,9 Guncang Maluku, Ada Peringatan Dini Tsunami

BMKG menyebut setidaknya terdapat 14 wilayah yang berpotensi terdampak tsunami, antara lain Maluku Tengah, Kepulauan Maluku Tenggara, Maluku Tenggara Barat Pulau Yamdena, Kota Ambon dengan status siaga. 

Kemudian, wilayah Maluku Tenggara, Seram bagian Timur, Seram bagian Barat, Buru, Wakatobi, Kendari Pulau Watulumango, Kepulauan Kendari, dan Konawe bagian Selatan berstatus waspada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Fokus Pengembangan Gunungkidul Beralih dari Selatan ke Utara

Gunungkidul
| Rabu, 01 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Seru! Ini Detail Paket Wisata Pre-Tour & Post Tour yang Ditawarkan untuk Delegasi ATF 2023

Wisata
| Rabu, 01 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement