Advertisement

Gempa Magnitudo 7,9 Guncang Maluku, Ada Peringatan Dini Tsunami

Aprianto Cahyo Nugroho
Selasa, 10 Januari 2023 - 07:17 WIB
Sunartono
Gempa Magnitudo 7,9 Guncang Maluku, Ada Peringatan Dini Tsunami Gempa bumi magnitudo 7,9 di Maluku Tenggara Barat - bmkg.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Gempa bumi Magnitudo 7,9 guncang Kota Tual Kabupaten Maluku Tenggara pada Selasa (10/1/2023) dinihari.

Melansir Twitter Volcaholic @CarolynnePries1, gempa dirasakan di Pelabuhan Yos Sudarso Tual Maluku Tenggara. Dari video yang dibagikan, warga berlarian dan sirene dibunyikan saat gempa berlangsung. Suara-suara berteriak “naik..naik” terdengar, karena gempa ini menurut BMKG berpotensi tsunami.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA : Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,6 Guncang Maluku

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Dr Daryono dalam keterangan tertulisnya menyebut, gempa terjadi pada pukul 00.47.34 WIB wilayah Pantai Utara Maluku Barat Daya, Maluku. Jenis gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M7,5.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,37° LS ; 130,23° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 136 km arah Barat Laut Maluku Tenggara Barat, Maluku pada kedalaman 130 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi Laut Banda. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik [thrust fault]," katanya.

Akan tetapi BMKG kemudian mengakhiri peringatan dini potensi tsunami terkait gempa magnitudo 7,9 di wilayah Maluku. Melalui Twitter resminya mengatakan peringatan dini tsunami BMKG berakhir pada pukul 3.43 WIB.

BACA JUGA : Maluku Tenggara Diguncang Gempa Bumi

“Berdasarkan hasil pengamatan tide gauge di sekitar sumber gempa, hingga pukul 03.00 WIB tidak tercatat adanya perubahan tinggi muka air laut yang signifikan [tidak terjadi tsunami],” tulis Daryono di Twitter @DaryonoBMKG.

Daryono mengatakan sejauh ini BMKG mencatat  ada empat aktivitas gempa bumi susulan yang terjadi dengan magnitudo M5,5; M4,8; M4,5; dan M4,1.

BMKG sebelumnya melaporkan gempa dengan magnitudo M7,9 terjadi pada pukul 00.47 WIB. Titik gempa terjadi di 7.25 LS, 130.18 BT Adapun lokasi gempa berada di 148 km barat laut Maluku Tenggara Barat dengan kedalaman 130 km. BMKG kemudian memutakhirkan skala gempa menjadi M7,5 dengan kedalaman 130 km berlokasi 136 km Barat Laut Maluku Tenggara Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Masuk Tahun Politik, Generasi Muda Diajak Pedomani Buah Pikir Buya Syafii

Jogja
| Minggu, 05 Februari 2023, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Simak! Ini 10 Gunung Termegah di Dunia

Wisata
| Minggu, 05 Februari 2023, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement