Advertisement

Diduga Tilep Dana Bantuan Gempa, Bupati Cianjur Dilaporkan ke KPK

Setyo Aji Harjanto
Selasa, 27 Desember 2022 - 12:47 WIB
Arief Junianto
Diduga Tilep Dana Bantuan Gempa, Bupati Cianjur Dilaporkan ke KPK Ilustrasi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menerima laporan soal dugaan penyelewengan dana bantuan gempa bumi di Kabupaten Cianjur. Bupati Cianjur Herman Suherman dilaporkan ke KPK atas dugaan penyelewengan dana bantuan tersebut.

"Setelah kami cek benar ada pengaduan dimaksud," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Senin (26/12/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Berdasarkan informasi yang diterima, perwakilan dari Acsenahumanis Respon Foundation selaku pelapor menyebut bantuan yang diberikan oleh Emirates Red Crescent berupa 2.000 lembar selimut, 25 ton beras, 1.000 paket kebersihan, 500 lampu bertenaga solar, serta batrei charge untuk tenda.

BACA JUGA: Jadi Andalan Para Pelaju, Ini Jadwal KRL Jogja Solo Selasa (27/12/2022)

Dalam laporannya, Bupati diduga memotong SOP yang sudah dibuat BNPB, serta mengepak ulang bantuan menjadi berbeda. Dalam laporan itu Herman diduga memanfaatkan jabatannya sebagai Bupati Cianjur untuk kepentingannya dan tidak menyalurkan bantuan sebagaimana semestinya.

Ali menyatakan KPK akan segera melakukan telaah dan verifikasi untuk memastikan kelengkapan laporan pengaduan. Ali menyebut pihaknya juga akan melakukan pengayaan atas informasi tersebut. "Segera kami tindaklanjuti dengan telaah dan verifikasi untuk memastikan syarat kelengkapan laporan pengaduan.Kami juga lakukan pengayaan informasi terkait hal tersebut," kata Ali.

Sementara itu, Bisnis.com (Jaringan Informasi Bisnis Indonesia/JIBI) telah mencoba menghubungi Bupati Cianjur, Herman Suherman atas laporan yang menyeret namanya tersebut. Namun, hingga berita ini ditayangkan, Herman belum merespons permintaan konfirmasi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

STIKOM Yogyakarta Adakan Seminar and Creative Exhibition 2023 di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Jogja
| Senin, 30 Januari 2023, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta Buka Hari Ini, Wajib Coba 3 Sajian Kuliner Ini

Wisata
| Senin, 30 Januari 2023, 14:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement