Advertisement

Ukraina Sambut Ajakan Damai Vladimir Putin

Hesti Puji Lestari
Selasa, 27 Desember 2022 - 09:57 WIB
Sunartono
Ukraina Sambut Ajakan Damai Vladimir Putin Sekjen PBB, Antonio Guterres dan Zelensky

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO - Tampaknya akan ada keajaiban Natal yang menyambangi konflik Rusia dan Ukraina. Dilansir dari The Guardian, Ukraina akhirnya siap membuka peluang negosiasi dengan Kremlin.

Seperti diketahui, pada Kamis, 22 Desember 2022 waktu setempat, Putin mengatakan ingin menghentikan perang dengan Ukraina. "Tujuan kami bukan untuk memutar roda konflik militer, tetapi sebaliknya, untuk mengakhiri perang ini,” kata Putin. 

Advertisement

“Kami akan berusaha untuk mengakhiri ini, dan tentu saja lebih cepat lebih baik" ia menambahkan.

Meski demikian, keinginan Putin ini tampaknya akan dipandang skeptis oleh Ukraina, AS, dan sekutu mereka. Ukraina memandang ini hanya akal-akalan Putin yang sudah kalah di medan perang.

Namun dua hari pascanatal, kabar baik terjadi. Laporan menyebut jika Ukraina akan membuka peluang negosiasi damai dengan Rusia.

Meski demikian, pertemuan yang terjadi tak akan dilakukan dalam waktu dekat. Rencananya, Ukraina baru akan mau bertemu Rusia pada Februari mendatang alias tepat setahun setelah invasi.

Menteri luar negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, pada hari Senin mengatakan  pemerintahnya bertujuan untuk mengadakan pertemuan puncak perdamaian pada akhir Februari.

Ia juga meminta Sekretaris PBB, Jenderal Antonio Guterres, sebagai kemungkinan mediator antara dua negara yang tengah bersitegang tersebut.

Kuleba mengatakan selama wawancara di Kementerian Luar Negeri di Kyiv bahwa Ukraina akan melakukan apapun untuk memenangkan perang pada tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Viral Balon Udara Tiba-tiba Mendarat di Runway Bandara YIA

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement