Advertisement

Cadangan Devisa Indonesia Diproyeksi Tetap Kuat meski Ada Resesi

Maria Elena
Kamis, 08 Desember 2022 - 22:37 WIB
Budi Cahyana
Cadangan Devisa Indonesia Diproyeksi Tetap Kuat meski Ada Resesi Ilustrasi cadangan devisa Indonesia - JIBI/Bisnis.com/Himawan L Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Bank Indonesia (BI) mencatat cadangan devisa Indonesia mencapai US$134,0 miliar pada akhir November 2022. Posisi ini meningkat dibandingkan dengan posisi pada akhir Oktober 2022 sebesar US$130,2 miliar. Peningkatan tersebut dipengaruhi oleh penerimaan pajak dan jasa, serta penerimaan devisa migas.

Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan peningkatan cadangan devisa Indonesia pada November 2022 juga terjadi seiring dengan arus masuk investor asing di pasar obligasi dan pasar saham.

Advertisement

Di pasar obligasi, investor asing mencatatkan net buy sebesar US$1,51 miliar, sementara di pasar saham net buy investor asing tercatat sebesar US$50 juta.

“Arus kembalinya investor ke pasar obligasi berkaitan erat dengan berkurangnya tekanan dari sentimen hawkish Fed sepanjang bulan November,’ katanya, Rabu (8/12/2022).

Kondisi tersebut kata Josua juga diperkuat oleh pelemahan dolar AS, sehingga permintaan akan aset Dollar AS cenderung menurun.

Dia memperkirakan, cadangan devisa Indonesia masih berpotensi menguat tipis ke level US$135 miliar, seiring dengan masuknya investor asing yang diperkirakan berlanjut.

Pada 2023 pun, Josua mengatakan cadangan devisa berpotensi menguat ke level US$136 miliar hingga US$138 miliar, didorong oleh potensi masuknya investor asing di pasar keuangan.

“Di sisi lain, menjelang pemilu, investasi langsung domestik diperkirakan cenderung menurun, yang kemudian membatasi potensi kenaikan cadangan devisa di tahun 2023,” kata Josua.

BACA JUGA: Jelang Libur Nataru, Maskapai Diminta Perbanyak Promo

Adapun, Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono menyampaikan bahwa posisi cadangan devisa Indonesia pada November 2022 setara dengan pembiayaan 5,9 bulan impor atau 5,8 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah.

Cadangan devisa ini juga masih berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

BI menilai, cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

“Ke depan, BI memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan guna mendukung proses pemulihan ekonomi nasional,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Korban Apartemen Malioboro City yang Laporkan Pengembang Ke Polda DIY Bertambah

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement