Advertisement

Pemkot Jogja Lanjutkan Pembangunan Taman Budaya 2023 dengan Danais

Newswire
Kamis, 08 Desember 2022 - 13:47 WIB
Jumali
Pemkot Jogja Lanjutkan Pembangunan Taman Budaya 2023 dengan Danais Suasana Taman Budaya Yogyakarta. - Harian Jogja/Yosef Leon Pinsker

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja berencana melanjutkan pembangunan Taman Pintar Dua atau Taman Budaya yang berlokasi di kawasan Embung Giwangan pada 2023 dengan memanfaatkan dana keistimewaan (danais).

BACA JUGA: Pembangunan Taman Budaya Bantul Tunggu Amdal

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Pembangunan dilanjutkan pada tahun depan dengan dana yang cukup besar sekitar Rp20 miliar,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Jogja Agus Tri Haryono, Kamis (8/12/2022).

Perencanaan pembangunan akan dilakukan oleh Dinas Kebudayaan Kota Jogja dan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Jogja.

“Tentunya, nanti akan ditetapkan prioritas pembangunan yang akan dilakukan tahun depan. Apakah untuk kebutuhan ‘main gate’ atau penambahan zona terlebih dulu,” katanya.

Menurut dia, pekerjaan pembangunan Taman Pintar Dua Yogyakarta memang harus dilakukan bertahap disesuaikan dengan ketersediaan anggaran yang dimiliki Pemerintah Kota Jogja.

Sebelumnya, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Budaya Yogyakarta Retno Yuliani mengatakan hal senada yaitu, pembangunan Taman Pintar Dua yang kemudian disebut sebagai Taman Budaya Yogyakarta harus dilakukan bertahap karena membutuhkan anggaran yang cukup besar.

Pada tahun anggaran 2022, tidak ada kegiatan pembangunan fisik yang dilakukan di Embung Giwangan sehingga fasilitas yang ada di lokasi tersebut juga masih sama seperti tahun sebelumnya yaitu embung, jogging track, toilet, mushola, dan lampu penerangan.

Hingga saat ini, realisasi fisik pembangunan Taman Budaya di Embung Giwangan baru mencapai sekitar 30 persen.

Sedangkan untuk 2023, pembangunan akan disesuaikan antara ketersediaan anggaran dengan rencana awal yaitu pembangunan panggung terbuka, penanda, dan lainnya.

Selama belum ada kegiatan pembangunan, UPT Taman Budaya Yogyakarta memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memanfaatkan kawasan Embung Giwangan untuk berbagai aktivitas namun dengan terlebih dulu mengajukan izin.

Retno menambahkan, keberadaan Taman Budaya yang berlokasi di Yogyakarta bagian selatan ditujukan untuk menjadi lokomotif pendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut.

Embung Giwangan dibangun oleh Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak pada 2019 di lahan milik Pemerintah Kota Jogja yang berlokasi di Jalan Tegalturi dan mampu menampung sekitar 9.210 meter kubik air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pemimpin Pesantren Waria Shinta Ratri Dimakamkan di Pemakaman Keluarga

Jogja
| Rabu, 01 Februari 2023, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Orang Jogja Wajib Tahu! Ini Arti 4 Prasasti yang Tertempel di Tugu Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Februari 2023, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement