Advertisement

Muhammadiyah Mau Beli Gereja Tua di Spanyol, Bakal Dijadikan Masjid

JIBI
Jum'at, 11 November 2022 - 08:37 WIB
Lajeng Padmaratri
Muhammadiyah Mau Beli Gereja Tua di Spanyol, Bakal Dijadikan Masjid Ilustrasi masjid. - Shutterstock

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Pengurus Wilayah (PW) Muhammadiyah Jawa Timur akan membeli sebuah gereja tua yang berlokasi di Alcana, Spanyol untuk diubah menjadi masjid.

Gereja senilai Rp65,4 miliar tersebut bakal diubah menjadi masjid untuk umat Islam di sana.

Advertisement

Rencana pembelian gereja itu disampaikan oleh Ketua PW Muhammadiyah Jawa Timur, Saad Ibrahim, dalam sebuah sidang pleno I ‘Muktamar Muhammadiyah’ ke-48 yang telah dilaksanakan secara daring pada Sabtu (5/11/2022) lalu.

Saad Ibrahim mengatakan gereja tua di Alcala Spanyol yang akan dibeli itu lokasinya terletak sekitar 15 menit dari Kota Madrid.

“Mohon doa restunya. Ini kita declare, insyaallah dan mohon doanya seluruh PWM terutama PP Muhammadiyah, kita sedang merundingkan akan membeli gereja di Spanyol,” kata Saad dalam konferensi yang dikutip dari Bisnis.com, Jumat (11/11/2022).

“Mudah-mudahan ini menjadi gerakan bagi kita semua,sehingga rahmatan lil alamin, dapat terwujud melalui kita,” lanjutnya.

Saad tidak menyebutkan secara rinci nama dari gereja yang akan dibelinya itu. Ia mengatakan, gereja tersebut dulunya merupakan sebuah masjid yang berdiri di atas tanah seluas sekitar 3.000 meter persegi.

Menurut Saad, gereja itu dijual karena parokinya telah menyusut menjadi 15 orang.

Berdasarkan informasi bangunan ini akan dijual dengan harga sekitar USS$4,2 juta atau sekitar Rp65,4 miliar (kurs USS$1=Rp15.575).

“Kami sedang dalam proses negosiasi dengan pengelola tempat ibadah. Mereka menawarkan harga sekitar €3 juta atau sekitar Rp45 miliar,” sebutnya.

Ditanya tentang kegiatan seperti apa yang akan dilakukan di masjid baru di Alcala nantinya, Saad mengatakan Muhammadiyah masih mencoba merancang agendanya di sana.

Pembelian bangunan seperti ini bukan kali pertama yang dilakukan Muhammadiyah untuk memperluas kehadirannya di luar Indonesia.

Sebelumnya, pada bulan Desember lalu, Muhammadiyah telah meresmikan sekolah dasar di Australia, Muhammadiyah Australian College, yang berkolasi di negara bagian Victoria. Sebelumnya bangunan ini merupakan sekolah Katolik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement