Advertisement

Wagiman, warga Desa Wadas Kecamatan Bener, Purworejo Tidak Dapat Menyembunyikan Kebahagiaan

Media Digital
Sabtu, 05 November 2022 - 10:27 WIB
Jumali
Wagiman, warga Desa Wadas Kecamatan Bener, Purworejo Tidak Dapat Menyembunyikan Kebahagiaan Keluarga Wagiman - Ist

Advertisement

PURWOREJO - Wagiman, warga Desa Wadas Kecamatan Bener, Purworejo tidak dapat menyembunyikan kebahagiaan setelah menempati rumah barunya. Rumah Sehat Layak Huni (RSLH) itu merupakan bantuan dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Rumah yang ditempati bersama istri dan anaknya itu jauh lebih kokoh ketimbang rumah yang lama. Dan, kehidupannya saat ini lebih aman dan nyaman.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Rumah ini dibangun atas bantuan Pak Gubernur. Ada tiga kamar, yang satunya buat tempat solat," ujar Wagiman, Jumat (4/11/2022).

Kakek berusia 72 tahun itu menceritakan, rumahnya yang dulu kondisinya sangat memprihatinkan. Dindingnya terbuat dari kayu yang sudah rapuh, lantai masih tanah dan atapnya bocor saat hujan turun.

"Kalau dulu rumahnya jelek, kalau hujan bocor. Rasanya senang dapat bantuan RSLH ini," tambahnya.

Wagiman adalah salah satu dari 40 warga penerima bantuan RSLH di Desa Wadas. Selain itu, Gubernur Jawa Tengah dua periode itu menyalurkan sejumlah bantuan. Di antaranya 18 titik wifi, jaringan listrik gratis, sarana dan prasarana olahraga, jambanisasi, drainase, sembako dan lain sebagainya. Semua bantuan itu sudah dapat diterima dan dinikmati oleh warga.

Listiyani (40), warga Desa Wadas penerima bantuan jaringan listrik gratis mengatakan bahwa bantuan itu mempermudah dalam pemenuhan kebutuhan listrik rumah tangganya.

"Iya dapat bantuan listrik gratis, tidak ditarik uang. Rasanya senang punya meteran listrik sendiri," papar warga Dusun Kaliancar RT 2 RW 1 Desa Wadas.

Advertisement

Sebelumnya, warga tersebut harus menyalur aliran listrik ke rumah tetangga atau kerabatnya.

"Iya, kadang mati lampu karena dipakai tiga rumah. Tidak bisa menyalakan tivi bareng. Kalau sekarang bebas karena sudah punya sendiri," katanya.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah harus mendirikan tiang listrik sekitar 6 buah. Itu untuk mempermudah menyalurkan aliran listrik ke rumah-rumah warga di Desa Wadas.

Advertisement

Sementara itu, pencairan Uang Ganti Rugi (UGR) tahap II lahan kuari Desa Wadas telah dilaksanakan dan berjalan lancar, hari ini. Sebanyak 194 bidang tanah telah diserahkan dari pemilik ke pemerintah yang nantinya ditambang untuk pembangunan Bendungan Bener. Besaran yang diterima beragam, mulai dari ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Saat ini, pembebasan lahan kuari mencapai 92 persen. Yakni total dari tahap pertama dan kedua sebanyak 576 bidang yang terealisasi dari target 617 bidang.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Stok Darah di PMI DIY Sabtu 3 Desember 2022

Jogja
| Sabtu, 03 Desember 2022, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Rawat Ribuan Ikan di Sungai, Rumah Pria Ini Jadi Rujukan Wisata

Wisata
| Sabtu, 03 Desember 2022, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement