Advertisement

Subsidi Gaji Rp600.000 Cair Besok, Ini Cara Cek dan Syarat Penerimanya

Szalma Fatimarahma
Minggu, 11 September 2022 - 16:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Subsidi Gaji Rp600.000 Cair Besok, Ini Cara Cek dan Syarat Penerimanya Ilustrasi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2022 bagi pekerja dan buruh akan mulai dicairkan besok, Senin (12/9/2022). Kementerian Ketenagakerjaan menyampaikan bahwa pencairan bantuan tersebut akan kembali dilakukan secara bertahap, seperti pencairan di tahun-tahun sebelumnya.

Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi menjelaskan bahwa pihaknya telah mulai memproses pencairan dana BSU dengan dana anggaran yang mencapai Rp2,61 triliun bagi 4,36 juta orang pekerja/buruh.

Advertisement

"Dana tersebut diteruskan kepada Bank Himbara selaku Bank Penyalur melalui KPPN untuk selanjutnya disalurkan kepada para penerima BSU tahap pertama," terang Anwar melalui siaran pers Biro Humas Kemnaker, Jumat (9/9/2022).

Lebih lanjut, berikut cara cek, syarat, dan cara mencairkan dana BSU melalui laman kemnaker.go.id:

Cara Cek Penerima

Untuk mengetahui apakah Anda merupakan penerima BSU 2022, Anda dapat melakukan pengecekan melalui laman kemnaker.go.id. Pada laman tersebut, Anda harus terlebih dahulu membuat akun pendaftaran.

1. Daftar Akun

Pada tahap ini, Anda diharuskan untuk melengkapi data yang dibutuhkan untuk keperluan pendaftaran. Kemudian, sistem akan mengirimkan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone yang dicantumkan untuk keperluan aktivasi akun. Setelah itu, klik login untuk masuk ke dalam akun Anda.

2. Kelengkapan Profil

Setelah berhasil masuk, pemilik akun akan diminta untuk melengkapi biodata pribadinya, yakin foto profil, tentang Anda, status pernikahan, dan tipe lokasi.

3. Cek Notifikasi

Selanjutnya, pemilik akun harus memeriksa kotak pemberitahuan. Jika terdaftar, terdapat pemberitahuan mengenai status penerima BSU.

Syarat Penerima BSU

Sementara itu, untuk ditetapkan sebagai penerima dana BSU, terdapat sejumlah syarat yang sebelumnya harus dipenuhi oleh para pekerja/buruh di Indonesia.

Berikut syarat penerima dana BSU:
1. Warga Negara Indonesia (WNI)
2. Peserta aktif program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan Juli 2022
3. Gaji/upah paling banyak Rp3,5 juta. Sedangkan untuk pekerja/buruh yang berkerja di wilayah dengan UMP/UMK yang lebih tinggi dari Rp3,5 juta, maka persyaratan gaji menjadi paling banyak sebesar UMP/UMK yang dibulatkan ke atas hingga raturan ribu penuh

4. Bukan PNS, TNI, dan Polri

5. Belum menerima program kartu prakerja, program keluarga harapan, serta bantuan produktif usaha mikro

Di sisi lain, untuk mengetahui apakah dana BSU sudah dapat diambil atau belum, Anda dapat memeriksanya melalui laman kemnaker.go.id dengan cara membuka kotak pemberitahuan. Jika bantuan sudah dapat diambil, akan terlihat notifikasi yang menyatakan bahwa BSU telah tersalurkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Daftar Tarif Tol Trans Jawa untuk Mudik Lebaran 2024, Jakarta-Jogja Rp507 Ribu

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement