Advertisement

23 Tahun Pelajari Metalurgi, Prof. Suyitno Dikukuhkan Jadi Guru Besar Untidar

Nina Atmasari
Selasa, 12 Juli 2022 - 20:47 WIB
Nina Atmasari
23 Tahun Pelajari Metalurgi, Prof. Suyitno Dikukuhkan Jadi Guru Besar Untidar Prosesi pengukuhan Prof. Suyitno, dosen Fakultas Teknik sekaligus Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Tidar menjadi Guru Besar di Bidang Metalurgi di Gedung Kuliah Umum dr. H. R. Suparsono, Selasa (12/7/2022). - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG-- Perjuangan mempelajari metalurgi selama 23 tahun mengantar Prof. Suyitno, dosen Fakultas Teknik sekaligus Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Tidar resmi menjadi Guru Besar di Bidang Metalurgi.

Prosesi pengukuhan digelar di Gedung Kuliah Umum dr. H. R. Suparsono, Selasa (12/7/2022). ”Indonesia tidak memiliki sejarah atau tidak punya catatan tentang metalurgi. Ilmu ini mempelajari sifat logam serta cara memproduksinya. Paparan saya pada hari ini merupakan pengalaman mempelajari Metalurgi selama 23 tahun,” tutur Prof. Suyitno dalam pidatonya.

Beberapa manfaat logam yang dipelajari adalah Logam untuk Kendaraan Maju, Logam untuk Kendaraan Sederhana, Logam untuk Alat Kesehatan, Logam untuk Tansmisi dan Konversi Energi, Logam untuk Seni dan Alat Musik, Logam untuk Peralatan Olah Raga dan Logam untuk Peralatan Rumah Tangga.

Baca juga: Tak Punya Murid Baru, SD di Gunungkidul Ini Bakal Ditutup

Ilmu metalurgi yang ia miliki merupakan hasil pendidikan selama tujuh tahun di Technische Universiteit Delft (TU Delft), Netherlands Institute for Metals Research (NIMR), dan CORUS metal industry di Belanda.

Prof. Suyitno memperoleh sejumlah Hak Kekayaan Intelektual (HKI) antara lain 23 paten terdaftar, lima paten granted, tiga desain industri, dua merek dan dua hak cipta. Ia juga meraih penghargaan atas berbagai publikasi ilmiah internasionalnya dan mengikuti berbagai konferensi di Amerika, Australia, Belanda, Inggris, Norwegia, Jerman, Prancis, Malaysia, Thailand.

”Kehadiran guru besar Bidang Metalurgi ini tentunya membawa harapan baru bagi keluarga besar Untidar. Harapan berupa kontribusi terhadap kinerja pembelajaran, penelitian dan layanan kepada masyarakat,” kata Rektor Untidar, Prof. Mukh Arifin.

Baca juga: Airlangga Hartarto: Manfaatkan Kemudahan Pendirian Koperasi Melalui UU Cipta Kerja

Guru besar ini merupakan jabatan akademik tertinggi bagi seseorang yang memilih profesi sebagai dosen, sehingga setelah dikukuhkan sebagai guru besar, seseorang harus mampu menjadi motivator dan penggerak bagi para dosen dengan jabatan fungsional dibawahnya dan para mahasiswa asuhannya.

”Orasi ilmiah yang disampaikan Prof. Suyitno telah memberikan gambaran kepada kita semua, bahwa bidang metalurgi kan memegang peranan penting dalam kemajuan bangsa. Kita harus optimis, jika bersungguh-sungguh akan mampu mengembangkan kekayaan alam yang dimiliki, akan mampu menyediakan barang-barang yang kita butuhkan sehari-hari,” pungkasnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Dies Natalis Sanata Dharma ke-67, Dorong Semangat Persaudaraan

Sleman
| Senin, 03 Oktober 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Perhatian! Sewa Jip di Tebing Breksi Bakal Naik Rp50.000 Mulai 1 November 2022

Wisata
| Minggu, 02 Oktober 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement