Advertisement

Distribusi BBM Bersubsidi Tak Tepat Sasaran, Pertamina Beberkan Datanya

Herlambang Jati Kusumo
Kamis, 30 Juni 2022 - 21:07 WIB
Arief Junianto
Distribusi BBM Bersubsidi Tak Tepat Sasaran, Pertamina Beberkan Datanya Ilustrasi pengendara mengisi BBM di SPBU. - Bisnis Indonesia/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--PT Pertamina Patra Niaga menegaskan pendaftaran kendaraan roda empat atau lebih di web MyPertamina, mulai Jumat (1/7/2022), agar BBM Subsidi tepat sasaran. Hingga saat ini penyaluran BBM bersubsidi dirasa masih tidak tepat sasaran.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menjelaskan Pertalite dan solar bersubsidi masih banyak dikonsumsi oleh masyarakat menengah ke atas.

“Pengguna yang tidak berhak alias ini orang-orang yang mampu. Hampir 60 persen orang kaya menikmati hampir 80 persen dari total konsumsi BBM bersubsidi. Sedangkan masyarakat miskin dan rentan, atau 40 persen terbawah, hanya menikmati 20 persennya. Itu kondisinya,” kata Irto.

BACA JUGA: Penasihat Hukum Terdakwa Kasus Bank Jogja Somasi Media Massa di Jogja, Ada Apa?

Pemerintah saat ini sudah mengeluarkan subsidi energi hingga Rp520 triliun sebagian besar adalah BBM bersubsidi alias solar dan Pertalite.

Pertamina yang ditugaskan untuk menyalurkan BBM bersubsidi pun berusaha untuk melakukan pengaturan agar tepat sasaran dan tepat kuota. Melihat tren konsumsi saat ini, jika tidak ada pengaturan akan terjadi over kuota.

Prognosa realisasi 2022 Pertalite bisa mencapai sekitar 28 juta Kilo Liter (KL), padahal tahun ini kuotanya 23,05 juta KL.

Sementara penghitungan year to date (YTD), pada Mei 2022, realisasi Pertalite sudah melebihi kuota sebesar 23%. Begitu pula dengan solar bersubsidi. 

“Mendukung rencana revisi Perpres No.191/2014 dan Surat Keputusan Kepala BPH Migas No.4/2020, Pertamina sedang mengembangkan MyPertamina sebagai platform digital dalam penyaluran Pertalite dan solar,” ujar Irto.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Dari Kampoeng Nelayan Sampai ke Nuansa Internasional, Grand Dafam Signature International Airport Jawab Kebutuhan Warga Kulonprogo

Jogja
| Sabtu, 13 Agustus 2022, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Pemandangan Tujuh Gunung dari Ngablak Magelang

Wisata
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement