Advertisement

Kualitas Udara Jakarta Peringkat 2 Terburuk di Bumi

Szalma Fatimarahma
Selasa, 21 Juni 2022 - 08:57 WIB
Sirojul Khafid
Kualitas Udara Jakarta Peringkat 2 Terburuk di Bumi Sejumlah kendaraan bermotor melintasi Jalan Gatot Subroto di Jakarta, Rabu (11/8/2021). Menurut Koalisi Inisiatif Bersihkan Udara Koalisi Semesta, polusi udara Jakarta memburuk pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejak Juli 2021 karena melampaui baku mutu polusi udara harian sebesar 55 ?g - m3 untuk kandungan partikulat berukuran di bawah 2,5 mikrometer atau meningkat empat hingga enam kali lipat dibanding Juni 2021 (berdasarkan status Baku Mutu Udara Ambient PM 2,5 di stasiun pemanta

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kualitas udara di DKI Jakarta masih mengkhawatirkan. Berdasarkan data IQAir hari ini, Selasa (21/6/2022), kualitas udara di DKI Jakarta menempati urutan kedua dalam daftar kota dengan kualitas udara terburuk di dunia

Tepat pada pukul 08.15 WIB, polusi udara di Jakarta memiliki indeks kualitas udara yang mencapai angka 159 dan menandakan kondisi yang tidak sehat.    

Advertisement

Dikutip dari situs pemantau kualitas udara di dunia, iqair.com, bahwa konsentrasi PM2.5 atau partikel udara di Jakarta untuk saat ini 14,2 kali di atas nilai panduan kualitas udara tahunan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

BACA JUGA: Gelar Pertemuan dengan Menkes Sejumlah Negara, Ini yang Disampaikan Kemenkes RI

Adapun diketahui bahwa kualitas udara di Jakarta telah berada di kondisi yang tidak sehat sejak Selasa, 14 Juni 2022 lalu.

Menanggapi hal ini, Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza menyebutkan bahwa kualitas udara yang buruk tersebut, masih terus menjadi pekerjaan rumah (PR) yang belum terselesaikan hingga saat ini.

Meskipun demikian, Riza mengatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta telah menyusun program Langit Biru yang ditujukan untuk mencegah ataupun mengendalikan pencemaran udara di kota ini.

Adapun Wagub DKI Jakarta tersebut juga memastikan pihaknya juga terus menambah ruang terbuka hijau dan beberapa program lainnya guna memperbaiki kualitas udara di Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkab Sleman Berupaya Mempercepat Penurunan Angka Stunting

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement