Advertisement

Soal Reshuffle Kabinet, Pengamat: Sekadar Pemenuhan Janji Politik Jokowi

Aprianus Doni Tolok
Rabu, 15 Juni 2022 - 21:37 WIB
Arief Junianto
Soal Reshuffle Kabinet, Pengamat: Sekadar Pemenuhan Janji Politik Jokowi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memberikan keterangan pers seusai serah terima jabatan Menteri Perdagangan di Jakarta, Rabu (15/6/2022). Bisnis - Fanny Kusumawardhani

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja merombak susunan (reshuffle) Kabinet Indonesia Maju.

Dosen dan Pakar Komunikasi Politik Hendri Satrio menilai perombakan ini hanya pemenuhan janji politik Jokowi kepada koalisinya.

Advertisement

"Tampaknya ada permintaan dari PDIP [Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan] juga untuk menjaga penunjukkan pejabat itu," katanya, Rabu (15/6/2022).

BACA JUGA: Ketua Parpol Banyak Rangkap Jabatan Jadi Menteri, Jokowi: Yang Penting Bisa Bagi Waktu

Adapun, dalam perombakan kabinet yang digelar pada hari ini, Rabu, di Istana Negara Jakarta, Kepala Negara melantik dua menteri dan tiga wakil menteri.

Perinciannya, Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan; dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Kemudian, Presiden juga melantik John Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri; Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan; dan Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri ATR/BPN.

Pelantikan itu didasarkan atas Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) No.64/P/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024 dan Keppres No.24/M/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

AJARAN AGAMA: Generasi Milenial Dinilai Penting Belajar Fikih

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement