Advertisement

Misteri Hari Rabu, Hari Favoritnya Jokowi Merombak Kabinet

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 15 Juni 2022 - 10:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Misteri Hari Rabu, Hari Favoritnya Jokowi Merombak Kabinet Presiden Joko Widodo dalam sambutannya di Pekan Milenial Naik Kelas 2022 yang diselenggarakan Bisnis Indonesia Group secara hibrida di Hotel Aryaduta, Jakarta (5/4/2022). - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan merombak atau mereshuffle kabinetnya hari ini, Rabu (15/6/2022). Seperti yang sudah-sudah, Jokowi sering memilih hari Rabu untuk melakukan reshuffle.

Kebetulan pada 15 Juni 2022 ini juga merupakan hari Rabu, dalam kalender Jawa adalah Rabu Pahing.

Bagi orang Jawa, Rabu Pahing memiliki neptu yang sangat besar yakni 16. Neptu adalah nilai dari sebuah hari, baik hari secara nasional maupun hari Jawa. Rabu memiliki neptu 7 dan Pahing 9 sehingga jumlahnya 16.

Dilansir dari beberapa sumber, orang yang lahir pada Rabu Pahing memiliki watak yang menenangkan, riang dan tidak mudah marah. Orang dengan weton ini juga cenderung sederhana, ikhlas saat bekerja dan suka menolong.

Baca juga: Beberapa Menteri Dipanggil ke Istana. Soal Reshuflle Kabinet?

Lalu apakah pemilihan Rabu Pahing untuk mereshuffle kabinet bertujuan agar mendapatkan menteri-menteri yang ikhlas dalam bekerja dan suka menolong? Hanya Presiden Jokowi yang tahu.

Namun jika melihat pengalaman sebelumnya, Jokowi melakukan perombakan kabinet besar-besaran pada Rabu, 27 Juli 2016. Setelah itu, Jokowi kembali merombak susunan kabinet pada Rabu, 17 Januari 2018. Saat itu ia juga mengganti posisi Menteri Sosial, Kepala Staf Presiden, menambah anggota Wantimpres dan pelantikan KSAU.

Dilansir dari Okezone-jaringan Harianjogja.com, Jokowi juga pernah melakukan reshuffle Kementerian, yang dilaksanakan pada Rabu (23/12/2020). Pengumumannya sendiri diumumkan sehari sebelumnya. Terdapat sejumlah menteri baru yang Jokowi lantik menggantikan posisi menteri sebelumnya.

Mereka adalah Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial, Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Yaqut Cholil Quomas sebagai Menteri Agama, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, dan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan. Uniknya, peristiwa ini terjadi pada hari Rabu Pon.

Setelah itu, mantan Gubernur DKI ini juga melakukan reshuffle kabinet Kementerian Kabinet Indonesia Maju, (28/4/2021), tanggal tersebut bertepatan di hari Rabu. Saat itu, Bahlil Lahadalia dilantik sebagai Menteri Investasi dan Nadiem Makarim diangkat sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud-Ristek).

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Alih Fungsi Lahan, Jumlah Petani Tembakau DIY Turun 5% per Tahun

Jogja
| Selasa, 09 Agustus 2022, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Dulu Dipenuhi Perdu Liar, Kini Pantai Goa Cemara Jadi Primadona Baru Wisata di Bantul

Wisata
| Senin, 08 Agustus 2022, 15:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement