Advertisement

Wapres Kumandangkan Takbir Selama 10 Menit di Masjid Istiqal

Newswire
Senin, 02 Mei 2022 - 10:27 WIB
Sugeng Pranyoto
Wapres Kumandangkan Takbir Selama 10 Menit di Masjid Istiqal Pelaksanaan Salat Id di Masjid Istiqlal yang diikuti Wapres Ma'ruf Amin, Senin (2/5 - 2022)./Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin tidak melaksanakan Salat Idulfitri 1443 Hijriah bersamaan.

Jokowi dan keluarga melaksanakan Salat Id di Gedung Agung Jogja sementara Ma’ruf Amin bersama Ibu Wury Ma'ruf Amin melaksanakan Salat Idul Fitri 1443 Hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta, pada Senin (2/5/2022).

Advertisement

Salat Id dimulai pukul 07.00 WIB dipimpin oleh Hasanuddin Sinaga sebagai imam dan khotib Ketua Umum Baznas Noor Achmad yang membawakan tema "Semangat Kerukunan Berbangsa dan Bernegara".

Sebelum salat dimulai, Wapres sempat mengumandangkan takbir selama sekitar 10 menit.

"Dibutuhkan islah antara kelompok agama satu yang lain. Idulfitri harus membawa fitrah ciptaan yang sama, ciptaan Allah SWT. Manusia itu umat yang satu," kata Noor Achmad di Masjid Istiqlal.

Pelaksanaan Salat Id di masjid Istiqlal pada tahun ini merupakan yang perdana pasca pandemi Covid-19.

Wapres yang mengenakan sarung hitam, jas hitam, kopiah hitam serta syal putih mengambil tempat di baris paling depan di samping Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Bersama Wapres Ma'ruf dan keluarga, hadir pula Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, para duta besar negara sahabat serta pimpinan lembaga tinggi negara.

Tahun ini, masjid Istiqlal membolehkan 150.000 orang atau sekitar 75% dari total kapasitas 250.000 orang untuk melaksanakan Salat Id. Jemaah melaksanakan Salat hingga lantai 4 masjid Istiqlal.

Jemaah masuk melalui pintu Al-Fatah dan Al-Gafar yang berseberangan dengan Kantor Partamina dan Katedral sementara untuk tamu-tamu khusus seperti para menteri, duta besar dan pejabat lainnya masuk melalui pintu Al-Salam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Siap-siap Lur, Pemkab Kulonprogo Buka 90 Formasi CPNS dan PPPK untuk 205 Posisi, Berikut Rinciannya

Kulonprogo
| Jum'at, 19 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement