Advertisement

Menkes: Indonesia Siap Masuk Fase Endemi Covid-19

Akbar Evandio
Senin, 04 April 2022 - 22:07 WIB
Budi Cahyana
Menkes: Indonesia Siap Masuk Fase Endemi Covid-19 Menkes Budi Gunadi Sadikin - Humas Setkab/Rahmat

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menilai Indonesia siap bertransisi dari pandemi menuju endemi Covid-19.

Menkes mengatakan tanda-tanda Indonesia siap transisi menuju endemi ialah karena tren konfirmasi kasus positif yang kian menurun didukung oleh kondisi masyarakat yang makin menyadari bahwa tanggung jawab kesehatan pandemi ada di tangan seluruh pihak.

Advertisement

"Selama masyarakat makin siap menyadari apa yang akan dilakukan menghadapi pandemi ini, itu akan menunjukkan bahwa kita siap bertransisi dari pandemi menjadi endemi nanti," kata Menkes dalam keterangan pers dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Senin (4/4/2022).

Lebih lanjut, dia pun mengamini varian Omicron BA.2 pemicu peningkatan kasus Covid-19 di sejumlah negara sudah masuk Indonesia, tetapi tak terlihat tren kenaikan seperti yang terjadi di Hong Kong hingga China imbas varian tersebut.

Alhasil, pemerintah percaya diri melonggarkan pembatasan Covid-19 pada Ramadan 1443 H. Menurutnya, ini pertama kalinya sejak dua tahun pandemi Covid-19 merebak di Tanah Air, bahkan Indonesia juga kembali mengizinkan mudik Lebaran dengan sejumlah syarat.

"Pemerintah merasa yakin bahwa kita bisa lebih melakukan aktivitas secara lebih bebas," ujarnya.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kasus Covid-19 di Indonesia terus menunjukkan tren penurunan. Hal ini diikuti dengan kebijakan aturan Covid-19 yang makin longgar.

Salah satunya, perjalanan mudik Lebaran 2022 yang boleh dilakukan masyarakat Indonesia, tetapi dengan syarat sudah booster atau melampirkan tes Covid-19 negatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement