Advertisement

Menkes: Indonesia Siap Masuk Fase Endemi Covid-19

Akbar Evandio
Senin, 04 April 2022 - 22:07 WIB
Budi Cahyana
Menkes: Indonesia Siap Masuk Fase Endemi Covid-19 Menkes Budi Gunadi Sadikin - Humas Setkab/Rahmat

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menilai Indonesia siap bertransisi dari pandemi menuju endemi Covid-19.

Menkes mengatakan tanda-tanda Indonesia siap transisi menuju endemi ialah karena tren konfirmasi kasus positif yang kian menurun didukung oleh kondisi masyarakat yang makin menyadari bahwa tanggung jawab kesehatan pandemi ada di tangan seluruh pihak.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Selama masyarakat makin siap menyadari apa yang akan dilakukan menghadapi pandemi ini, itu akan menunjukkan bahwa kita siap bertransisi dari pandemi menjadi endemi nanti," kata Menkes dalam keterangan pers dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Senin (4/4/2022).

Lebih lanjut, dia pun mengamini varian Omicron BA.2 pemicu peningkatan kasus Covid-19 di sejumlah negara sudah masuk Indonesia, tetapi tak terlihat tren kenaikan seperti yang terjadi di Hong Kong hingga China imbas varian tersebut.

Alhasil, pemerintah percaya diri melonggarkan pembatasan Covid-19 pada Ramadan 1443 H. Menurutnya, ini pertama kalinya sejak dua tahun pandemi Covid-19 merebak di Tanah Air, bahkan Indonesia juga kembali mengizinkan mudik Lebaran dengan sejumlah syarat.

"Pemerintah merasa yakin bahwa kita bisa lebih melakukan aktivitas secara lebih bebas," ujarnya.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kasus Covid-19 di Indonesia terus menunjukkan tren penurunan. Hal ini diikuti dengan kebijakan aturan Covid-19 yang makin longgar.

Salah satunya, perjalanan mudik Lebaran 2022 yang boleh dilakukan masyarakat Indonesia, tetapi dengan syarat sudah booster atau melampirkan tes Covid-19 negatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pendapatan BPHTB Sleman 2022 Capai Rp239 Miliar

Sleman
| Sabtu, 04 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Kemegahan Desa Wisata Karangrejo Borobudur Menyimpan Kisah Menarik Bersama Ganjar

Wisata
| Sabtu, 04 Februari 2023, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement