Advertisement

Dubes Rosan Resmikan Masjid At Thohir di Los Angeles

Arif Budisusilo
Senin, 28 Maret 2022 - 07:07 WIB
Budi Cahyana
Dubes Rosan Resmikan Masjid At Thohir di Los Angeles Masjid At-Thohir di Los Angeles, Amerika Serikat. - Harian Jogja/Arit Budisusilo

Advertisement

Harianjogja.com, LOS ANGELES-Masjid At-Thohir Los Angeles yang dibangun keluarga Thohir resmi beroperasi. Duta Besar Republik Indonesia Rosan Perkasa Roslani meresmikan masjid tersebut, Minggu (27/3/2022) waktu Los Angeles, ditandai dengan penandatanganan prasasti yang disaksikan Garibaldi 'Boy' Thohir mewakili keluarga Thohir.

Turut menyaksikan penandatanganan itu  Ketua Yayasan IMFO (Indonesia Muslim Foundation) Dwirana Satyavat serta Konsul Jendral RI di Los Angeles Saud Krisnawan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Menurut Boy Thohir, Masjid At-Thohir sebenarnya digagas sejak tahun 2015 saat ayahnya,  M. Teddy Thohir, yang kerap berkunjung ke Los Angeles sering mempertanyakan kesulitan menemukan tempat ibadah salat Jumat di kota itu.

Dalam perjalanan kemudian, Boy dan Erick Thohir --setelah sang ayah wafat-- merealisasikan keinginan untuk mendirikan masjid di kota yang sudah dianggap menjadi "rumah kedua" bagi  keluarga itu.

Boy Thohir yang mewakili keluarga Thohir menjelaskan, setelah agak lama mencari lokasi akhirnya baru pada tahun 2018 berhasil mendapatkan bekas gereja Samoa yang hendak dijual karena sudah tidak digunakan lagi untuk ibadah.

Peresmian masjid itu dihadiri ratusan warga Indonesia di Los Angeles dan komunitas muslim setempat yang antusias untuk segera memanfaatkan fasilitas ibadah itu menjelang bulan Ramadan beberapa hari lagi. 

Menurut Dubes Rosan, Masjid At-Thohir merupakan masjid pertama di Los Angeles dan menjadi masjid ke-6 di Amerika Serikat.

Dubes Rosan mengapresiasi keberadaan masjid yang diprakarsai keluarga Thohir, yang pengelolaannya didukung oleh komunitas muslim Indonesia di Los Angeles tersebut.

Advertisement

Dia berharap masjid itu akan menjadi pusat kegiatan komunitas muslim Indonesia di Los Angeles dan menjadi tempat aktivitas bagi persahabatan dan silaturahmi dengan warga masyarakat yang lain.

Komunitas muslim Indonesia di Los Angeles, kata Rosan, diharapkan dapat menjadi contoh bahwa muslim Indonesia adalah rahmatan lil alaminn yang bermanfaat bagi masyarakat yang lain.

Seperti dijelaskan oleh Dwirana Satyavat, masjid seluas 1.200 m2 itu saat ini sudah difungsikan sebagai tempat belajar keislaman bagi warga Muslim Indonesia di Los Angeles. Selain itu, sejumlah warga muslim Latino, Bangladesh, dan Pakistan juga memanfaatkan fasilitas masjid pertama di Los Angeles itu.

Advertisement

Satyavat bahkan menekankan ke depan masjid itu akan menjadi pusat bagi generasi muda berkarya dan berprestasi.

Masjid At-Thohir tetap mempertahankan bangunan gereja di bagian eksterior karena merupakan heritage yang tidak bisa diubah menurut regulasi setempat.

Namun interior bangunan itu sudah disulap sedemikian rupa lengkap dengan struktur banguna  masjid dengan kubah serta pengaturan shaf untuk mendirikan salat.

Yang tampak modern, berbagai ruangan didesain untuk sekolah serta kajian jarak jauh dengan penceramah dari luar Amerika dengan menggunakan teknologi.

Advertisement

Selain itu, terdapat fasilitas pengumpulan donasi dan zakat dengan safety box mirip penyimpanan uang di bank, dengan kode akses yang bisa diatur secara elektronik.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Ini Nilai UMK 2023 Tiap Kabupaten dan Kota di DIY

Jogja
| Rabu, 07 Desember 2022, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Malam Pergantian Tahun, Hotel-Hotel di Bantul Siapkan Gala Dinner dan Live Music

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 17:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement