Advertisement

4 Barang Nyeleneh Hasil Korupsi, Ada yang Berbau Klenik

Newswire
Jum'at, 25 Maret 2022 - 11:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
4 Barang Nyeleneh Hasil Korupsi, Ada yang Berbau Klenik Ilustrasi Korupsi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Dalam kasus korupsi yang terjadi di belahan dunia termasuk Indonesia, banyak barang mewah yang akhirnya disita pihak berwajib. Tidak hanya barang-barang mewah yang disita seperti mobil, tas mewah, hingga perhiasan, tetapi juga ada barang-barang nyeleneh.

Seperti kita ketahui bersama, praktik korupsi kerap terjadi di berbagai negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Para pelaku korupsi pun sudah banyak yang tertangkap dan barang-barang mewahnya turut diamankan oleh negara.

Advertisement

Bahkan, sejumlah barang-barangnya turut dilelang. Namun, uniknya barang-barang ini dinilai cukup nyeleneh untuk dilelang.

Nah, apa saja? Berikut barang paling nyeleneh hasil korupsi yang dilelang negara, seperti dilansir dari Okezone-jaringan Harianjogja.com:

1. Action Figure

Barang paling nyeleneh hasil korupsi di urutan pertama adalah action figure. Pada tahun 2019 KPK melelang barang rampasan korupsi berupa sejumlah action figure milik Zumi Zola. Barang tersebut diketahui dilelang dengan harga awal Rp45 juta.

2. Album musik

Barang paling nyeleneh yang dilelang lainnya yakni album musik. Ya, pada tahun 2014 silam, Direktorat Jenderal (Ditjen) Kekayaan Negara Kementerian Keuangan melelang ratusan barang gratifikasi yang diserahkan ke KPK. Dari berbagai barang-barang yang dilelang, salah satunya adalah berupa album musik grup band NOAH.

3. Keris dan guci

Selanjutnya ada barang berbai klenik yaitu keris. Ada pula guci. Sama halnya dengan album musik, keris dan guci itu merupakan barang-barang gratifikasi yang dilelang. Pada 2018 Kementerian Keuangan bersama KPK melelang 58 barang hasil gratifikasi. Dua di antaranya yakni keris dengan sarung berwarna emas yang dibuka lelang dengan harga Rp1,7 juta dan guci keramik seharga Rp1,1 juta.

4. Kartu Yu-gi-oh

Barang paling nyeleneh hasil korupsi yang dilelang negara di urutan terakhir ada kartu yu-gi-oh. Ini terjadi di China. Seorang koruptor bernama Zhang Yujie di China mempunyai kartu Yu-gi-oh yang turut diamankan dan dilelang oleh negara dengan harga miliaran rupiah.

Berita ini sudah tayang di Okezone dengan judul "4 Barang Paling Nyeleneh Hasil Korupsi yang Dilelang Negara". 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Putusan Banding Turun, Vonis Mari Terdakwa Waliyin dan Ridduan Jadi Penjara Seumur Hidup

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement