Advertisement

Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2022: Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional

Media Digital
Kamis, 24 Maret 2022 - 19:17 WIB
Budi Cahyana
Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2022: Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional Perpusnas akan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan Tahun 2022 dengan tema "Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional". - Istimewa

Advertisement

JAKARTA – Memasuki tahun 2022, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI mengangkat tagline “Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional”.

Slogan ini mengacu kepada arahan Presiden Joko Widodo dalam acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana (TKDD) TA 2022 pada 29 November 2021. Dua dari enam kebijakan utama yang disampaikan Presiden adalah peningkatan SDM yang unggul dan melanjutkan pembangunan infrastuktur dan meningkatkan kemampuan adaptasi teknologi. Selain itu, dalam acara Opening Ceremony Presidency G20 pada 1 Desember 2021, Presiden menyatakan salah satu isu strategis yang menjadi fokus Indonesia adalah transformasi ekonomi berbasis digital.

Advertisement

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 menetapkan tujuh agenda pembangunan nasional, di mana salah satunya adalah revolusi mental dan pembangunan kebudayaan. Agenda ini dilaksanakan secara terpadu melalui salah satu program prioritasnya adalah penguatan budaya literasi, inovasi, dan kreativitas untuk mewujudkan masyarakat berpengetahuan dan berkarakter. Arah kebijakan dan strategi program prioritas nasional ini adalah peningkatan akses dan kualitas perpustakaan berbasis inklusi sosial. Untuk itu, Perpusnas menyusun program dan kegiatan yang menunjang keberhasilan tujuan RPJMN melalui Rencana Strategis (Renstra) Perpusnas Tahun 2020-2024.

Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando, menyatakan peningkatan kualitas sumber daya manusia unggul (SDM) yang memiliki kemampuan adaptasi teknologi sangat dibutuhkan guna mendukung pelaksanaan tranformasi ekonomi berbasis digital. Di sinilah perpustakaan berperan dalam meningkatkan kemampuan literasi SDM melalui transformasi perpustakaan untuk mewujudkan ekosistem digital nasional.

“Literasi memiliki kontribusi positif dalam rangka menciptakan tenaga kerja terampil, berkeahlian, kreatif, dan inovatif. Perlu terus dilakukan pengembangan kemampuan pekerja dan angkatan kerja dalam mengadopsi alat, proses, dan prosedur baru agar siap menghadapi revolusi industri 4.0,” kata Syarif Bando.

Menghadapi revolusi industri 4.0, perpustakaan harus membuka peluang untuk bersinergi dengan perubahan. Untuk itu, perpustakaan dituntut untuk memiliki pembangunan kapasitas, rancangan dan interaktivitas, serta perubahan pola pikir. Konsolidasi dan koordinasi antarpemangku kepentingan di bidang perpustakaan secara intens harus dilakukan sehingga sinergi antara pusat maupun daerah, agar ekosisten digital dapat segera diwujudkan.

Untuk itu, Perpusnas akan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan Tahun 2022 dengan tema “Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional”. Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2022 akan diselenggarakan pada 29-30 Maret 2022 menggunakan dua metode yakni luring dan daring. Secara luring akan dilaksanakan di Hotel Bidakara, Jakarta, dan secara daring melalui aplikasi Zoom. Rakornas akan dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Kepala Perpusnas.

Rakornas dijadwalkan mengupas berbagai kebijakan dengan narasumber dari Perpusnas, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Keuangan, Badan Siber dan Sandi Negara, Ketua Komisi X DPR RI, dan Gubernur Sulawesi Tenggara.

Rakornas Bidang Perpustakaan 2021 akan dihadiri kurang lebih 10.000 peserta, sebanyak 750 peserta hadir secara luring dan 9.250 peserta secara daring. Peserta luring terdiri dari Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi dan Kabupaten/Kota, Ketua Forum Perpustakaan/Penerbit/Pengusaha Rekaman dan pihak-pihak yang telah melakukan kerja sama dengan Perpusnas. Penerapan protokol kesehatan ketat akan diberlakukan selama berlangsungnya acara. Masyarakat dapat mengikuti Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2022 melalui https://s.id/REGISTRASIRAKORNAS2022. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hendak Mengambil Ponsel, Warga Sleman Malah Kecemplung Sumur

Sleman
| Jum'at, 26 April 2024, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement