Advertisement

Perkembangan Situasi Militer Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-13: Rusia Siap Gencatan Senjata

Lukman Nur Hakim
Selasa, 08 Maret 2022 - 22:57 WIB
Bhekti Suryani
Perkembangan Situasi Militer Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-13: Rusia Siap Gencatan Senjata Sejumlah tank yang dikerahkan di latihan wilayah Leningrad di dekat Laut Baltik, Rusia, Senin (14/2 - 2022). Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAPerang Rusia ke Ukraina sudah memasuki hari ke-13 dari serangan awal yang dilancarkan oleh Rusia.

Memasuki hari ke-13 ini, situasi relatif stabil daripada hari sebelumnya, namun pasukan Rusia sedang berkumpul kembali dan bersiap untuk fase baru serangan darat.

Advertisement

Diketahui juga jika hari ini, Rusia mengumumkan gencatan senjata akan dilakukan pada, Selasa (08/3/22) pukul 10 waktu Moskow.

Dilansir dari Militaryland, Selasa (08/3/22) pasukan Rusia sudah memasuki beberapa wilayah dari Ukraina, berikut situasi militer di wilayah Ukraina.

Update Situasi Militer Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-13

Garis Depan Polandia

• Daerah Kiev

Pasukan Rusia terus berkumpul di dekat Irpin, unit-unit Chechnya juga tiba di daerah itu. Waktu serangan di Kyiv semakin dekat.

• Daerah Zhytomyr

Sebuah rudal Rusia menghantam depot minyak di dekat Zhytomyr dan menyebabkan kerusakan parah di daerah tersebut.

Garis Depan Utara

• Daerah Chernihiv

Unit Pertahanan Teritorial Ukraina menyergap dua konvoi logistik Rusia di dekat Chernihiv dan menghancurkan semua kendaraan. Ini menyebabkan lebih banyak masalah bagi unit Rusia yang berkeliaran di sekitar wilayah tersebut. Pasukan Ukraina bersiap untuk kemungkinan serangan yang akan datang untuk mengepung kota Chernihiv.

• Daerah Sumy

Masih ada beberapa elemen Rusia yang berkeliaran di selatan Sumy, tetapi tidak ada bukti visual untuk melakukan geolokasi mereka. Ada pemandangan ofensif yang akan datang untuk mengepung kota Sumy.

Garis Depan Sloboda

• Daerah Kharkiv

Pasukan Rusia berkumpul kembali di dekat Kharkiv dan terus menembaki kota. Ada beberapa elemen roaming di selatan, tetapi kami tidak memiliki informasi mengenai lokasinya.

• Daerah Luhansk

Pasukan Rusia dilaporkan bergerak menuju Slovyansk dari Svatove. Musuh juga mencoba mendobrak garis pertahanan Ukraina di dekat Sievierodonetsk, tetapi tidak berhasil.

Garis Depan Pryazovia

• Daerah Donetsk

Laporan serangan balik kemarin terhadap pasukan Ukraina di dekat Mariupol telah dikonfirmasi. Resimen Azov Ukraina menghancurkan beberapa kendaraan Rusia dan menangkap setidaknya tiga tank T-72B3 dan satu tank T-64BV.

• Daerah Zaporizhzhia

Pasukan Rusia mengumpulkan pasukannya ke arah Zaporizhzhia. Pasukan Ukraina sedang mempersiapkan pertahanan untuk mengusir setiap serangan di ibukota regional.

Garis Depan Selatan

• Daerah Mykolaiv

Pasukan Rusia terus menyerang bandara Mykolaiv, tetapi sejauh ini tidak berhasil. Pasukan utama sementara itu terus bergerak ke utara menuju Voznesensk.

• Daerah Kherson

Artileri Ukraina (atau ada yang mengatakan Pasukan Khusus) menyerang lapangan terbang Kherson dan menghancurkan beberapa helikopter Rusia yang ditempatkan di sana. Namun, sejauh ini belum ada bukti visual, hanya laporan ledakan dari daerah itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement