Advertisement

Tol Jogja-Solo Bakal Mengenai Ratusan Saluran Irigasi  

Taufiq Sidik Prakoso
Rabu, 16 Februari 2022 - 19:47 WIB
Bhekti Suryani
Tol Jogja-Solo Bakal Mengenai Ratusan Saluran Irigasi    Ilustrasi jalan tol. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN –Keberadaan jalan tol Jogja-Solo akan berdampak pada ratusan saluran irigasi terutama di Klaten, Jawa Tengah (Jateng).

 Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Klaten meminta agar air di saluran irigasi pertanian tetap lancar. Kepala DKPP Klaten, Widiyanti, mengatakan ratusan saluran irigasi yang bersimpangan dengan jalan tol Jogja-Solo ada di sepanjang wilayah antara Kecamatan Polanharjo hingga Prambanan.

Advertisement

Dia mencontohkan di sepanjang sesi 1.2 antara Kecamatan Ngawen hingga Prambanan, ada 133 saluran irigasi. “Kalau total ada lebih dari 200 saluran irigasi,” kata Widiyanti saat ditemui Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) di Sekretariat Daerah (Setda) Klaten, Rabu (16/2/2022).

Widiyanti menjelaskan sejak awal DKPP meminta kepada pelaksana proyek pembangunan jalan tol Jogja-Solo agar menjamin lancarnya air saluran irigasi. 

BACA JUGA:Kasus Kematian Bayi Mencurigakan yang Makamnya Dibongkar di Bantul Akhirnya Terungkap

Pasalnya, saluran irigasi itu vital untuk keberlangsungan pertanian di wilayah hilir atau Klaten sisi selatan jalan tol. “Sesuai yang kemarin kami sampaikan, yang penting bagaimana aliran air di bawah [wilayah hilir] itu tetap lancar. Jangan sampai dengan adanya tol ini mengubah debit air,” kata Widiyanti.

Widiyanti mengatakan DKPP bakal mengecek kondisi saluran irigasi saat proses pembangunan berlangsung. Dari penjelasan teknis yang disampaikan pelaksana proyek jalan tol Jogja-Solo.

Widiyanti menjelaskan saluran irigasi yang melintang pada ruas jalan tol dibuat pengaman menggunakan box culvert, salah satu jenis beton pracetak yang sering digunakan untuk saluran air.

“Saat proses pembangunan kami akan mengecek pembangunan saluran irigasnya seperti apa. Kalau dilihat dari apa yang disampaikan, saluran irigasi modelnya dibuat dengan box culvert.

Ketinggiannya memungkinkan orang untuk masuk guna melakukan pembersihan,” jelas dia. Berdasarkan data yang dihimpun, jalan tol Solo-Jogja bakal melintasi 50 desa yang tersebar di 11 kecamatan. Kecamatan-kecamatan itu yakni Polanharjo, Delanggu, Karanganom, Ceper, Ngawen, Klaten Utara, Kebonarum, Karangnongko, Jogonalan, Manisrenggo, dan Prambanan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement