Advertisement

Video Warga Wadas Dikepung Ratusan Polisi karena Menolak Tambang untuk Proyek Bendungan

Bhekti Suryani
Selasa, 08 Februari 2022 - 19:47 WIB
Bhekti Suryani
Video Warga Wadas Dikepung Ratusan Polisi karena Menolak Tambang untuk Proyek Bendungan Sejumlah warga Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, mendatangi kantor Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak, Kamis (8/4/2021).-Harianjogja.com - Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Ribuan aparat kepolisian pada Selasa (8/2/2022) diterjunkan untuk menghadapi warga Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah yang selama ini menolak penambangan batuan andesit di wilayah mereka.

Material batuan andesit itu akan digunakan untuk pembangunan Bendungan Bener. Bendungan raksasa yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) ini diantaranya akan menyuplai kebutuhan air bersih untuk wilayah DIY dan Jawa Tengah.

Advertisement

Pada Selasa, aparat kepolisian bersama sejumlah petugas Badan Pertanahan Nasional (BPN) melakukan pengukuran paksa lahan warga yang akan dijadikan lokasi tambang batuan andesit di Desa Wadas.

Warga yang selama ini menolak penambangan di wilayah mereka harus berhadapan dengan polisi.

Sejumlah vidoe dokumentasi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jogja yang diperoleh Harianjogja.com memperlihatkan bagaimana warga terjebak di dalam masjid karena dikepung aparat kepolisian.

Sementara saat warga tak berdaya karena dikepung, aparat pemerintah bergerak melakukan pengukuran lahan milik warga, sebagai syarat untuk memuluskan proyek penambangan batuan andesit di Wadas.

Ada pula sejumlah warga yang tangannya dalam kondisi terikat. Kuasa hukum warga dari LBH Jogja yang mendampingi di lapangan membenarkan kejadian itu. "Iya benar," kata Julian melalui pesan singkat soal kondisi warga yang dikepung aparat, Selasa petang kepada Harianjogja.com.

Sementara itu polisi mengklaim, situasi di Wadas baik-baik saja dan berjalan lancar. Dikutip dari Kantor Berita Antara, Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol. M. Iqbal Alqudusy mengatakan petugas melakukan pendampingan tim Badan Pertanahan Nasional (BPN) setelah Kepala Kanwil BPN Jateng beraudiensi dengan Kapolda Jateng pada hari Senin (7/22/2022).

"Pengukuran masih berlangsung dan berjalan lancar. Tugas tim bersifat humanis dan semata-mata melakukan pendampingan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dugaan Kekerasan Salah Satu SD di Banguntapan, Disdikpora Bantul: Sudah Dimediasi dan Selesai

Bantul
| Sabtu, 04 Mei 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement