Advertisement

Begini Hasil Survei Jika Pilpres Digelar Hari Ini

Sunartono
Jum'at, 04 Februari 2022 - 14:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Begini Hasil Survei Jika Pilpres Digelar Hari Ini Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) merilis hasil survei jika Pemilihan Presiden (Piplres) digelar hari ini. Survei ini digelar untuk periode 12 - 28 Januari 2022 yang melibatkan 1.982 responden di 34 provinsi yang tersebar secara proposional.

Survei ini mengambil responden pada titik TPS dari seluruh populasi yang berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah. Adapun metode yang digunakan adalah multistage random sampling. Margin of error dalam survei ini sekitar di bawah 2,21% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Advertisement

Direktur Eksekutive LKPI Kristin Ervina menjelaskan preferensi publik jika Pilpres digelar hari ini, nama Airlangga Hartarto menjadi kandidat terkuat sebagai presiden. Sebanyak 15,3% responden memilih Airlangga Hartarto melalui pertanyaan terbuka. Adapun kandidat terkuat kedua 14,7% responden adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat ini dan di urutan ketiga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang dipilih sebanyak 14,3%.

"Kemudian di urutan keempat Moeldoko 8,9 persen, Muhaimin Iskandar 4,9 persen. Lalu nama-nama Gubernur yang masih menjabat juga masuk dalam daftar seperti Khofifah Indar Parawansa 3,9 persen Anies Baswedan 3,7 persen , dan Ridwan Kamil 3,5 persen," katanya dalam rilis yang diterima, Jumat (4/1/2022).

Baca juga: Duet Prabowo-Muhaimin di Pilpres 2024, PKB Respons Begini

Kemudian nama Puan Maharani 3,3% dan Sandiaga Uno berada di posisi enam dengan persentase sebesar 2,7%. Agus Harimurti Yudhoyono dengan suara responden sebesar 2,2% dan Menteri BUMN Erick Thohir 1,5%.

Ia menambahkan dalam survei itu juga menghasilkan tngkat persepsi dan kepuasan masyarakat terhadap roda pemerintahan. Hasil menunjukkan persepsi masyarakat terhadap tingkat kepuasan kinerja Presiden Joko Widodo mencapai 87,6%, dan yang tidak puas hanya 7,7%. Sementara yang tidak menjawab masih ada sekitar 4,7%.

"Tingkat kepuasan publik pada kinerja bidang ekonomi adalah sebesar 83,7 persen hasil ini lebih tinggi dari tingkat kepuasan kinerja di bidang politik/hukum sebesar 78,6 persen, dan bidang sosial sebesar 70,7 persen," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pilkada Kulonprogo: Pendaftaran Panwascam Dibuka, Kebutuhan Formasi Menunggu Hasil Tes

Kulonprogo
| Sabtu, 27 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement