Advertisement

Sederet Kecelakaan Maut di Bangjo, Semua Terjadi Pagi Hari

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 21 Januari 2022 - 15:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sederet Kecelakaan Maut di Bangjo, Semua Terjadi Pagi Hari Lampu lali lintas. - Solopos/M. Ferri Setiawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Tragedi kecelakaan beruntun yang terjadi di salah satu traffic light alias bangjo di Balikpapan Jumat (21/1/2022), mengagetkan publik. Bagaimana tidak? Kejadian itu menewaskan lima orang dan membuat 14 orang luka. 

Peristiwa terjadi sekitar pukul 6.00 waktu setempat, saat truk tronton melaju menuju Simpang Muara Rapak Balikpapan. Tronton diduga mengalami rem blong dan akhirnya menyeruduk sejumlah mobil dan belasan motor yang berhenti di bangjo Muara Rampak tersebut. Sejumlah kendaraan pun ringsek. Beberapa korban juga terpental ke bahu jalan. 

Advertisement

Di Indonesia, kejadian kecelakaan lalu lintas di bangjo sudah banyak terjadi. Entah karena rem blong atau alasan supir memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. 

Berikut ini Harianjogja.com menyajikan peristiwa kecelakaan di bangjo, yang dilansir dari berbagai sumber. 

1. Bangjo Tugu Pal Putih Jogja

Pasangan suami istri asal Jogoyudan, Jetis, Jogja, Joko Setiono dan Tutik Sri Pujiati tewas di perempatan lampu merah Tugu Pal Putih pada Minggu, 29 Mei 2016 silam. Keduanya yang saat itu berboncengan, ditabrak dari belakang sebuah mobil Toyota Avanza yang melaju kencang dari arah timur.

Baca juga: Kecelakaan Balikpapan: Korban Luka Menjadi 14

Seperti kejadian di Balikpapan, peristiwa di simpang Tugu ini juga terjadi di pagi hari, tepanya pukul 5.45 WIB. Selain menabrak Joko dan Tutik, mobil yang dikemudikan oleh Adhis Prihantara ini juga menabrak seorang loper yang sedang menjajakan koran di trotoar. Beruntung, nyawa loper koran selamat meski mengalami luka serius.

2. Bangjo Demak Ijo

Kecelakaan bus terjadi di simpang empat Demak Ijo, Gamping, Kamis, 11 November 2021 pagi. Bus Maju Lancar yang bermuatan 19 orang itu terguling setelah mengerem mendadak dalam kondisi jalanan yang basah akibat hujan. Satu pejalan kaki turut menjadi korban luka atas kejadian ini.

Kejadian berlangsung sekitar pukul 6.00 WIB. Saat itu bus melaju dari selatan menuju utara di jalur cepat sebelah kanan. Dalam posisi melaju cukup kencang, bus bermaksud mengurangi kecepatan dengan mengerem maksimal karena lampu traffic light menyala merah. Namun karena cuaca hujan deras dan jalanan licin, ban bus bagian belakang selip ke arah kiri dan bus terguling. Kecelakaan itu melukai satu penjual koran. 

Advertisement

3. Bangjo di Pasuruan

Kecelakaan di bangjo yang merenggut nyawa pengendara juga pernah terjadi di Pasuruan. Pengendara motor Yamaha Vixion tewas karena dihantam Mitsubishi Pajero setelah menerabas lampu merah.

Peristiwa yang terjadi pada 24 November 2021 ini juga terjadi pagi hari pada pukul 6.15 WIB.

4. Bangjo Salatiga

Truk Mitsubishi menabrak dua kendaraan minibus yang tengah berhenti di traffic light simpang empat Pasar Sapi, Salatiga, 23 Februari 2021. Dua penumpang minibus Suzuki Carry meninggal dunia karena mengalami luka berat di kepala. 

Peristiwa ini terjadi pada 00.05 WIB. Diduga truk mengalami rem blong. 

5. Bangko Muara Rampak

Kejadian di simpang Muara Rampak Balikpapan bermula dari truk tronton yang menyeruduk belasan kendaraan yang sedang menunggu lampu menyala hijau di bangjo Muara Rampak. Dalam tayangan video yang dibagikan akun Instagram @mrgamayel, terlihat ada tujuh mobil yang terpelanting setelah diseruduk tronton yang diduga mengalami rem blong itu. 

Hingga berita ini diturunkan, sudah ada lima pengendara yang tewas dan 14 lainnya luka-luka. Peristiwa ini juga terjadi pada pagi hari yakni pukul 6.10 WITA. 

Itulah sederet peristiwa kecelakaan di bangjo yang pernah terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Tetap berhati-hati di jalan saat berkendara ya

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

UGM Bangun Kawasan Kerohanian Lima Agama, Ini Lokasinya

Sleman
| Minggu, 22 Mei 2022, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Piknik Gunungkidul, Sempatkan Singgah ke "Surga Kecil" yang Satu Ini

Wisata
| Sabtu, 21 Mei 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement