Advertisement

Menangani Masalah dalam Praktik Pembuatan Sediaan Farmasi

Newswire
Selasa, 16 November 2021 - 22:57 WIB
Sunartono
Menangani Masalah dalam Praktik Pembuatan Sediaan Farmasi Kegiatan daring lewat Zoom. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Praktik pembuatan sediaan farmasi menjadi salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh sebagian besar prodi Farmasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Tak jarang dalam praktiknya selalu mengalami kendala karena berbagai persoalan. Hal ini turut dirasakan oleh Prodi Farmasi SMK Muhammadiyah 3 Kota Jogja. Sekolah ini pun mendapatkan pendampingan dari sejumlah akademisi.

“Saat pelaksanaan praktikum pembuatan sediaan farmasi di sekolah biasnya sering mengalami permasalahan,” kata Dosen Fakultas Farmasi UAD Iis Wahyuningsih, Selasa (16/11/2021).

Advertisement

BACA JUGA : Apoteker Harus Lakukan Transformasi Struktural Pelayanan

Ia menambahkan permasalahan dalam pembuatan sediaan farmasi tersebut lebih banyak disebabkan karena formulasi yang belum sesuai. Selain itu bisa jadi karena kurangnya pengetahuan atau ketrampilan dalam pengatasannya sehingga hasilnya kurang maksimal. Praktik pembuatan sediaan farmasi itu menjadi salah satu untuk menambah kompetensi siswa bidang farmasi.

“Tujuan program ini adalah memberikan tambahan pengetahuan dan ketrampilan siswa dan guru SMK Muhammadiyah 3 Jogja ketika mengalami permasalahan dalam pembuatan sediaan farmasi,” ujarnya.

Arif Budi Setianto yang juga dosen Farmasi melalui kegiatan pendampingan harapannya proses pembelajaran utamanya praktik pembuatan sediaan farmasi bisa berjalan lancar. Adapun kegiatan dilaksanan dengan metode daring menggunakan platform zoom, karena kondisi masih belum memungkinkan dilaksanakan secara luring.

“Program dilaksanakan dalam dua tahap, tahap pertama dibahas permasalahan pada sediaan cair dan solusinya, sedangkan tahap kedua dibahas solusi permasalahan pada pembuatan semipadat,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement