Advertisement

Ternyata Ini Pemicu Utama Banjir di Kota Batu

Choirul Anam
Jum'at, 12 November 2021 - 15:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ternyata Ini Pemicu Utama Banjir di Kota Batu Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono (tiga dari kiri), didampingi Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko (dua dari kanan), saat meninjau lokasi banjir bandang di Kota Batu, Kamis (11/11/2021). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BATU—Banjir menerjang Kota Batu pada 4 November 2021 lalu. Kementerian PUPR segera memperbaiki infrastruktur yang rusak akibat bencana tersebut.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan infrastruktur yang rusak seperti jembatan, termasuk pelebaran jembatan, dan jaringan pipa air minum.

Advertisement

“Pemerintah juga akan memperlebar gorong-gorong untuk melancarkan aliran air menuju Sungai Brantas,” katanya, Kamis (11/11/2021).

Jaringan pipa air minum yang rusak itu, milik PDAM. Karena itulah, perbaikan pipa yang rusak akan bekerja sama dengan PDAM.

Pelaksanaannya, Kementerian PUPR akan menyediakan pipa, sedangkan pemasangannya dilakukan PDAM yang diharapkan pengerjaannya segera dilakukan.

Baca juga: Update Covid-19 Indonesia: Kasus Positif Bertambah 435

Kementerian PUPR, kata dia, juga akan mengerahkan alat-alat berat untuk membersihkan material sisa banjir bandang di Kota Batu pada 4 November lalu.

Dari data yang dihimpun, kata Menteri, penyebab utama banjir bandang di Kota Batu karena tersumbatnya saluran air karena tumpukan sampah. Saat debit air meningkat dampak hujan lebat, maka terjadilah banjir bandang.

Saat debit air tinggi, sumbatan saluran air tersebut jebol sehingga terjadi banjir bandang. “Hampir semua banjir banjir kejadiannya seperti itu, seperti di Sumatera Utara, dan daerah lainnya,” ucapnya.

Seperti diketahui, banjir bandang di Kota Batu 4 November lalu menyebabkan tujuh orang meninggal dunia, 51 rumah rusak, dan 32 rumah tergenang lumpur, serta 57 kendaraan rusak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Kamis 25 April 2024: Kasus Penggelapan Pajak hingga Sosialisasi Tol Jogja-YIA

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement