Bikin Konten dengan Motor Ducati Tanpa Izin, Pemilik Video: Saya Norak, Saya Goblok

Unggahan klarifikasi di Facebook. - Ist
11 November 2021 22:57 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Warganet dihebohkan dengan terjadinya insiden bongkar sepeda motor Ducati yang akan digunakan untuk ajang balap Kejuaraan Dunia World Super Bike (WSBK) di Sirkuit Mandalika. Insiden ini pun memicu kemarahan pimpinan Ducati.

Video bongkar sepeda motor tersebut sempat diunggah di Youtube Soul Kuta Lombok. Namun, kini video itu sudah dihapus.

Ulah oknum ini pun membuatnya dihujat oleh warganet, tidak hanya di tanah air tetapi juga di seluruh dunia karena dianggap mempemalukan Indonesia di mata Dunia.

Setelah kasus ini viral, akun Facebook Syamsoul Kuta yang diduga kuat milik pengunggah video tersebut memberikan klarifikasi. Ia juga meminta maaf atas kecerobohannya.

Baca juga: Klarifikasi Bea Cukai Soal Viral Unboxing Motor Ducati untuk Balap di Mandalika

Melalui akun tersebut, pada Rabu (10/11/2021) malam, ia menjelaskan bahwa saat dirinya mengambil video, sepeda motor sudah dalam kondisi terbuka. Pembukaan boks sepeda motor itu untuk proses pemeriksaan dari pihak Bea Cukai.

"Klarifikasi: Motor di-unboxing oleh pihak bea cukai untuk mengecek kelengkapan dokumen. Saat Pengambilan gambar, motor sudah dalam kondisi terbuka," tulisnya.

Namun, ia pun memahami tentang konsekuensi dari viralnya sebuah video di duia maya. "Tapi saya faham. Ini dunia netijen. Berita pertama pasti dikira fakta," katanya.

Ia pun mengakui bahwa dirinya salah karena telah memvideokan proses pengecekan. "Tapi saya salah telah memvideokan proses pengecekan, jadi saya minta maaf yang sebesar-besarnya untuk rakyat Indonesia telah membuat kalian malu," tulisnya.

Baca juga: Ducati Marah ke Panitia Sirkuit Mandalika, Kargo Motor Balapnya Dibuka Petugas

Ia berdalih tidak tahu sama sekali bahwa proses pengecekan tersebut tidak boleh dipublikasikan.

"Saya tidak tahu sama sekali ini tidak boleh dipublikasikan. Saya norak, saya g*blok dan terima kasih Kalian memang luar biasa," katanya.

Untuk diketahui, motor dan logistik tim balap Ducati untuk World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika dilaporkan dibongkar pada, 10 November 2021.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Askolani menegaskan pemeriksaan fisik boks kargo berisi motor tim pabrikan Ducati di Sirkuit Mandalika, Lombok menjelang bergulirnya seri terakhir Kejuaraan Dunia World Super Bike (WSBK) dilakukan sesuai prosedur.

Saat Bea Cukai melakukan pemeriksaan fisik, boks kargo berisi motor Ducati tersebut dibuka oleh perwakilan panitia.

Direktur Strategis dan Komunikasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Happy Harinto melalui pernyataan pers, Kamis, mengatakan seluruh barang yang dibawa masuk Dorna ke Indonesia harus melalui pemeriksaan sebelum diizinkan digunakan, yang kemudian dibuka oleh forwarder dan disaksikan oleh pihak Dorna serta custom clearance.

Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan bahwa barang yang dibawa masuk ke Indonesia sesuai master list. Hasil pemeriksaan tersebut nantinya akan menjadi dasar pemeriksaan atas barang-barang yang akan dibawa keluar dari Indonesia setelah ajang balapan selesai, apakah sesuai dengan jumlah dan jenis barang yang dibawa masuk.

"Sangat disayangkan di saat pemeriksaan dilakukan, ada pihak yang tidak berkepentingan dan tidak mengerti proses yang berlangsung, mengambil gambar dan memviralkan dengan isi berita yang tidak sesuai," kata Happy.