Izin Vaksin Anak 12 Tahun ke Bawah Rampung Akhir Tahun

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin - JIBI/Bisnis.com/Nancy Junita
27 Oktober 2021 17:07 WIB Akbar Evandio News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin menyebut terdapat tiga jenis vaksin yang tengah diuji klinis untuk ditujukan bagi anak usia 5—11 tahun.

Ssaat ini vaksinasi Covid-19 baru diperbolehkan untuk anak usia 12 tahun ke atas. Budi mengatakan sudah ada tiga jenis vaksin virus Corona yang telah melakukan uji klinis untuk kelompok tersebut, yaitu Sinovac, Sinopharm, dan Pfizer.

"Terkait pemberian vaksin untuk usia anak-anak, sudah ada tiga vaksin yang melakukan uji klinis, yaitu Sinovac, Sinopharm, dan Pfizer dan diharapkan sampai akhir tahun bisa keluar ketiganya untuk emergency use authorization-nya (EUA)," katanya lewat siaran resmi, Selasa (26/10/2021).

Budi mengatakan saat ini kementerian kesehatan (kemenkes) tengah bekerja sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI untuk memastikan EUA vaksin tersebut bisa segera selesai.

"Rencananya kalau itu sudah keluar hasil uji klinisnya, kita bisa mulai untuk digunakan pada awal tahun depan [2022]," kata Budi.

Sumber : JIBI/Bisnis.com