Vaksinasi Jadi Syarat Utama Merubah Pandemi Covid-19 Jadi Endemi

Tim Publikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dokter Reisa Broto Asmoro. JIBI - Bisnis/Nancy Junita
23 September 2021 04:57 WIB Akbar Evandio News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 dr. Reisa Broto Asmoro menyampaikan vaksinasi Covid-19 menjadi syarat penting untuk menjalani proses transisi dari pandemi menjadi endemi.

Duta Adaptasi Kebiasaan Baru tersebut juga mengatakan selama ini vaksinasi sudah terbukti melindungi masyarakat dari sakit parah yang membutuhkan perawatan di rumah sakit dan menekan angka kematian

Namun, saat ini tantangan yang perlu dilakukan adalah pemerataan capaian vaksinasi Covid-19, khususnya pada sasaran kelompok lanjut usia (lansia).

BACA JUGA : Positif Covid-19 DIY Bertambah 1.194, Ini Data Lengkapnya

"Meski sasaran untuk kategori SDM kesehatan dan petugas pelayanan publik sangat tinggi, tetapi kategori lansia belum mencapai 30 persen atau kurang dari 6 juta lansia yang baru menerima dosis pertama," ujarnya dalam konferensi pers yang diikuti secara daring di Jakarta, Rabu (22/9/2021).

Lebih lanjut, dia menjelaskan saat ini lansia yang sudah mendapatkan vaksinasi lengkap baru sekitar 4 juta lebih atau kurang dari 20 persen dari sasaran yang ditetapkan, yaitu 21,5 juta jiwa.

"Jadi mari kita fokus membantu vaksinasi Covid-19 merata di semua kelompok masyarakat agar semakin banyak berita gembira yang kita dapatkan sebagai buah kerja keras kita bersama ini," tuturnya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia