Advertisement

Pemerintah Pusat Minta Daerah Level 1-3 Gelar Sekolah Tatap Muka

Sunartono
Sabtu, 28 Agustus 2021 - 20:07 WIB
Sunartono
Pemerintah Pusat Minta Daerah Level 1-3 Gelar Sekolah Tatap Muka Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memberikan penjelasan di Jakarta, Kamis (7/11/2019). - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Pemerintah mendorong daerah dengan PPKM level 1-3 mempercepat kesiapan pembukaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas. PTM terbatas penting untuk menekan risiko learning loss demi menjaga kualitas pembelajaran anak Indonesia.

"Risiko learning loss menguat selama pandemi karena kegiatan belajar mengajar yang terpaksa dilakukan dengan jarak jauh untuk menekan penyebaran COVID-19," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, dalam rilis yang dikirim Bidang Komunikasi KPC-PEN Sabtu (28/8/2021).

Advertisement

BACA JUGA : Soal Nasib Sekolah Tatap Muka, Begini Kata Wakil Wali Kota

Ia menambahkan risiko ini terjadi karena peserta didik tidak memperoleh pembelajaran secara maksimal sehingga berakibat pada kemunduran akademis dan non akademis. Berdasarkan kajian Kemendikbud Ristek, pemulihan learning loss bisa memakan waktu hingga sembilan tahun.

Pemerintah merespon cepat kebutuhan penanganan ini dengan mempercepat PTM secara terbatas demi kualitas pembelajaran anak Indonesia. Namun sekolah diingatkan tak bisa tergesa-gesa untuk melakukan PTM terbatas.

"Sekolah mesti mempersiapkan diri untuk memenuhi daftar periksa sebagaimana yang tercantum dalam SKB 4 Menteri tentang Pembelajaran di Tengah Pandemi," katanya

Menkominfo menegaskan, keselamatan insan pendidikan tetap prioritas utama. Pelaksanaannya mengedepankan kehati-hatian dan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini sebagai bentuk perlindungan, pemerintah menggencarkan vaksinasi bagi guru dan pelajar. Vaksinasi pelajar bukanlah syarat bagi sekolah bisa menggelar PTM terbatas.

BACA JUGA : HARIAN JOGJA HARI INI: Banyak Sekolah Siap Tatap Muka

Seluruh sekolah berada di wilayah PPKM Level 1-3 bisa adakan PTM terbatas. Syarat vaksin hanya diberlakukan untuk guru dan tenaga pendidik. Terutama bagi yang berada di kota besar seperti DKI Jakarta dan Surabaya

"Berdasarkan data dari Kemendikbud Ristek, sekitar 63 persen sekolah di Indonesia berada di wilayah PPKM level 1-3 sehingga bisa membuka PTM terbatas," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement