Advertisement

Epidemiolog Sebut Obat Covid-19 Kemungkinan Bisa Ditemukan 1 Tahun Lagi

Rahmad Fauzan
Kamis, 26 Agustus 2021 - 22:07 WIB
Bhekti Suryani
Epidemiolog Sebut Obat Covid-19 Kemungkinan Bisa Ditemukan 1 Tahun Lagi Ilustrasi Obat COvid-19. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKMUI) Tri Yunis Miko mengatakan obat Covid-19 sudah mungkin tersedia dalam waktu 1 tahun ke depan.

Dia mengatakan saat ini sedang dilakukan penelitian oleh berbagai lembaga studi terkait dengan obat Covid-19. Terkait dengan hal tersebut, sambungnya, pabrik-pabrik obat sedang berburu peneliti dalam pengembangan obat Covid-19.

"Studi sedang dilakukan untuk menemukan obat Covid-19. Menurut saya, satu tahun ke depan akan ada obat pilihan untuk untuk mengobati Covid-19. Pabrik obat sedang berburu peneliti," ujar Tri kepada Bisnis, Kamis (26/8/2021).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Namun demikian, kata Tri, studi baru dilakukan terhadap pasien dengan gejala ringan.

Sebagaimana diketahui, dunia sedang bersiap untuk menghadapi kenyataan bahwa pandemi Covid-19 akan menjadi endemi.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada Rabu (25/8/2021) dalam rapat dengar pendapat (RDP) di DPR RI mengatakan Covid-19 akan menjadi endemi seperti virus polio dan cacar yang tidak mungkin bisa dihapuskan.

Dengan kata lain, dunia harus hidup berdampingan dengan Covid-19 untuk waktu yang cukup lama. Untuk itu, kata Budi, perkembangan dari theurapetic side dengan hadirnya obat-obatan akan mengurangi risiko kematian Covid-19 bisa dikurangi.

Tentunya, kata Budi, kehadiran obat Covid-19 harus dikombinasinasikan dengan protokol kesehatan yang baik, vaksinasi, dan kebiasaan hidup yang sehat. Dengan demikian, fatality rate ataupun tingkat kematian virus Covid-19 tidak separah virus corona sebelumnya, seperti MERS dan SARS.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Teken MoU dengan 10 Mitra Lintas Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia, Politeknik LPP Yogyakarta Perkuat Tridarma Perguruan Tinggi

Jogja
| Kamis, 29 September 2022, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement