Benarkah Air Kelapa Ampuh Melawan Covid-19? Begini Kata Pakar

Ilustrasi. - Freepik
19 Agustus 2021 17:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Selama ini kerap beredar pesan berantai di media sosial ihwal khasiat air kelapa untuk melawan virus Corona.

Air kelapa sempat diburu masyarkat beberapa waktu lalu. Mereka percaya bahwa air kelapa punya manfaat untuk imunitas tubuh yang melindungi diri dari Covid-19.

Tapi, bagaimana sebenarnya faktanya? Untuk menjelaskan hal itu, dalam keterangannya, Kamis, (19/8/2021), Dr. Jenna Macciochi, ahli imunologi dan penulis Immunity: The Science of Staying Well menulis bahwa sistem kekebalan tubuh adalah garis pertahanan pertama melawan infeksi dan penyakit.

“Meskipun secara ilmiah tidak ada cara untuk meningkatkan kekebalan Anda, ada perubahan gaya hidup tertentu yang dapat Anda terapkan untuk menjaga keseimbangan sistem kekebalan tubuh—yang dapat merespons infeksi dengan tepat dan menyembuhkan serta memperbaiki kerusakan yang mungkin terjadi dalam prosesnya," tulis Dr. Jenna Macciochi.

BACA JUGA: Lesti Kejora-Rizky Billar Resmi Jadi Suami Istri

Sementara itu, Prof. Dr. dr. Purwantyastuti, MSc, SpFK, pakar farmakologi dari Universitas Indonesia menjelaskan khasiat utama air kelapa sendiri ialah mengatasi dehidrasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh.

“Tubuh yang kekurangan cairan dengan sendirinya menjadi tidak sehat. Kekurangan cairan otomatis akan menimbulkan masalah pada reaksi-reaksi kimia di semua sistem tubuh, termasuk sistem imun," kata dia.

Purwantyastuti, juga mengatakan bahwa rasayang lezat dan menyegarkan, membuat air kelapa mudah diminum orang yang sedang sakit, otomatis cairan tubuhnya kembali dan mendorong pemulihannya.

"Hal ini mungkin yang menyebabkan orang menghubungkan air kelapa dengan kekebalan tubuh,” ungkap Prof. Tuti.

Di dalam tubuh, air kelapa dan cairan tubuh lainnya menjadi bagian dari darah yang berfungsi membawa oksigen ke sel-sel tubuh, yang diperlukan sistem kekebalan dan sistem-sistem lainnya di dalam tubuh agar berfungsi dengan baik.

Selain itu, cairan yang cukup di dalam tubuh juga diperlukan agar sistem dalam tubuh dapat bekerja dengan baik dalam menghilangkan racun dari tubuh, jadi minum lebih banyak dapat membantu mencegah racun yang menumpuk dan berdampak negatif pada sistem tubuh termasuk sistem imun.

"Jika kita mengalami dehidrasi, seluruh sistem tubuh akan terganggu. Konsumsi cairan yang cukup dan tepat, termasuk air kelapa, bersama dengan nutrisi dan tidur yang cukup, merupakan komponen penting yang diperlukan oleh sistem kekebalan tubuh yang sehat," kata dia.

Sumber : Suara.com