Advertisement

Canggih! Pemilihan Perdana Menteri Malaysia Bisa Dilakukan via WhatsApp  

Aprianus Doni Tolok
Selasa, 17 Agustus 2021 - 19:37 WIB
Bhekti Suryani
Canggih! Pemilihan Perdana Menteri Malaysia Bisa Dilakukan via WhatsApp    Perdana Menteri Malaysia, Muhyiddin Yassin (kiri) saat tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Provinsi Banten, Sabtu, (24/4/2021)./Antara - Biro Pers Sekretariat Presiden/Rusman

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Muhyiddin Yassin resmi mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri Malaysia pada Senin (16/8/2021) setelah sekitar 17 bulan menjabat. Proses pemilihan pengganti Muhyiddin pun masih terus dilakukan dengan sejumlah penyesuaian di tengah pandemi Covid-19.

Dilansir dari Bloomberg, pada Selasa (17/8/2021), anggota parlemen Malaysia harus menyerahkan nama calon perdana menteri baru ke Raja Malaysia Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah, pada Rabu (18/8/2021) waktu setempat, pukul 4 sore.

Advertisement

Berdasarkan pengumuman dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Malaysia Azhar Azizan Harun, anggota parlemen harus merahasiakan isi surat pernyataannya hingga Sang Raja memutuskan anggota parlemen mana yang mendapat dukungan mayoritas.

BACA JUGA: Merapi Masuki Fase Ekstrusi, 10 Awan Panas Muncul dalam 2 Hari 

Uniknya, mereka dapat mengirimkan nama calon PM yang baru kepada pihak kerajaan melalui email, faksimili, dan bahkan WhatsApp.

Metode pemilihan seperti ini ternyata legal  di Malaysia karena konstitusi memungkinkan Raja Malaysia untuk mengambil kebijakan pribadi dalam urusan kenegaraan, salah satunya pengangkatan perdana menteri.

Adapun, pengunduran Muhyiddin dari jabatan perdana menteri dikabarkan disebabkan oleh tekanan dari banyak pihak. Dia dinilai gagal mengatasi krisis di multisektor akibat pandemi Covid-19.

Namun, hingga perdana menteri baru dipilih, Muhyiddin tetap menjabat sebagai perdana menteri sementara.

Di sisi lain, kendati sempat diwaranai gejolak, kali ini beberapa partai politik menunjukkan kesediaan mereka untuk mengesampingkan perbedaan mereka untuk membentuk pemerintahan yang lebih inklusif.

Kesepakatan tersebut muncul setelah Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah bertemu dengan para pemimpin partai pada hari ini, (17/8/2021) di mana dia mengingatkan mereka tentang pentingnya tetap bersatu untuk memerangi wabah Covid-19 dan menghidupkan kembali perekonomian, menurut Anwar.

“Kami masing-masing memberikan pandangan kami tetapi tampaknya ada pemahaman, konsensus untuk mengakhiri politik kami yang lama, melelahkan, dan membosankan,” kata Anwar Ibrahim setelah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pansus DPRD DIY Mulai Bahas Perubahan Aturan Soal Pengisian Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement