Mahfud MD: Indonesia Satu-Satunya Negara yang Merdeka karena Mnegusir Penjajah

Menko Polhukam Mahfud MD menjadi pembicara kunci saat seminar nasional untuk memperingati HUT Ke-6 Badan Keamanan Laut (Bakamla) di Jakarta, Selasa (15/12/2020). Seminar tersebut membahas tema Pengelolaan Perbatasan Laut Republik Indonesia. ANTARA FOTO - Aditya Pradana Putra
17 Agustus 2021 13:47 WIB Rayful Mudassir News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Di momentum peringatan ulang tahun kemerdekaan RI, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menegaskan bahwa Indonesia merupakan satu-satunya negara yang merdeka atas perjuangan sendiri.

Hal itu disampaikannya saat berbicang dengan Vj Daniel Mananta melalui siaran langsung Instagram, Selasa (17/8/2021).

“Kita punya modal bagus, karena Indonesia satu-satunya negara yang membangun kemerdekaan karena mengusir penjajah,” katanya.

Dia mencontohkan, bahwa negara lainnya tidak mendapatkan kemerdekaan karena diperjuangkan, akan tetapi hadiah dari negara penjajah. Beberapa negara tersebut seperti Australia dan Malaysia. Kata Mahfud, kedua negara itu mendapat kemerdekaan dari Inggris.

Baca juga: HUT RI Ke-76: Pandemi Harus Jadi Momentum Peningkatan Pelayanan pada Masyarakat

Dia menjelaskan, Indonesia sejatinya hendak diberi hadiah proklamasi oleh Jepang. Saat Soekarno berada di Saigon, Kekaisaran Jepang meminta dirinya untuk ke Tokyo sekitar 22 Agustus 1945 untuk diberikan tongkat kemerdekaan.

Kendati begitu, saat Soekarno kembali ke Indonesia, para barisan pemuda memintanya untuk memproklamasikan kemerdekaan sebelum waktu yang ditetapkan oleh Jepang.

Para pemuda mendesak hal tersebut hingga menculik Soekarno dan dibawa ke Rengasdengklok.

Baca juga: Peringatan HUT ke-76 RI: Rantis Brimob Polda DIY Turun ke Jalan Ajak Hormat Bendera

“Soekarno dihadang anak muda dan tidak boleh merdeka karena Jepang. Kita harus merdeka sendiri. Sehingga 17 Agustus proklamasi kemerdekaan,” katanya.

Selain itu, Mahfud juga meminta masyarakat meningkatkan solidaritas kebangsaan selama pandemi Covid-19. Sikap solidaritas diyakininya akan membawa Indonesia keluar dari wabah tersebut.

Sumber : Bisnis.com