Ardelia Muthia Zahwa Jadi Pembawa Baki Bendera Upacara Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus di Istana Merdeka, Ini Profilnya

Tngkapan layar Siswi SMA Harapan I Medan, Ardelia Muthia Zahwa didapuk menjadi pembawa bendera Merah Putih dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Selasa (17/8/2021). JIBI - Bisnis/Nancy Junita
17 Agustus 2021 10:17 WIB Nindya Aldila News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pembawa baki bendera merah putih pada Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RIĀ  17 Agustus di Istana Negara pada Selasa (17/8/2021) adalah Ardelia Muthia Zahwa yang mewakili Provinsi Sumatra Utara.

Ardelia merupakan perempuan kelahiran Tebing Tinggi pada 6 Desember 2004. Saat ini dia ini tengah menempuh pendidikan di SMA Harapan I Medan, kelas X MIPA 2.

Berdasarkan informasi dari situs sekolahnya, Ardelia berhasil lolos seleksi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Tingkat Kota Medan dan Tingkat Provinsi Sumatra Utara Tahun 2021 pada April.

Baca juga: Naskah Asli Teks Proklamasi Dihadirkan saat Upacara HUT RI Hari Ini

"Saya berterima kasih kepada orangtua yang sudah mednoakan saya dan teman-teman semua. Semoga pada pelaksanaan kami bisa menjalankan tugas dengan sukses dan berjalan lancar," katanya dalam video yang diunggah oleh Sekretariat Presiden pada Selasa (17/8/2021) pagi.

Ardelia termasuk dalam Tim Indonesia Tangguh yang bertugas untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera di antaranya adalah Aditya Yogi Susanto sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Gorontalo, Dika Ambiya Rahman sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat, dan Ridho Hadfizar Armadhani sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Lampung.

Baca juga: Ikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Virtual, Ini Linknya

Upacara untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 akan dilakukan di Istana Merdeka. Tahun ini pengibaran bendera merah putih dilakukan oleh formasi lengkap 17-8-45 anggota Paskibraka, setelah sempat hanya diikuti oleh delapan pasukan pada tahun lalu akibat kondisi Covid-19.

Peringatan Detik-detik Proklamasi akan dimulai pada pukul 10.00 WIB yang ditandai dengan tembakan meriam 17 kali dan sirene selama 1 menit. Pertunjukan flypass TNI Angkatan Udara akan mengiringi pengibaran bendera.

Sumber : Bisnis.com